Universitas Cenderawasih Kembali Meluluskan 1260 Wisudawan

  • Share

Jayapura – Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura kembali melaksanakan wisuda periode III Tahun Akademik 2020/2021 yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 24 dan 25 November 2021 di Auditorium Uncen Jayapura, Padang Bulan, Kota Jayapura.

Wisuda dilaksanakan dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Cenderawasih dalam rangka wisuda lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana dan Program Diploma Periode III Tahun Akademik 2020/2021.

Ini merupakan pelaksanaan wisuda tatap muka pertama di lingkup civitas akademika Uncen pasca pendemi Covid-19 yang melanda dunia. Meskipun dilakukan secara tatap muka, namun masih dalam penerapan protokol kesehatan dengan mengatur jarak duduk peserta dan tetap menggunakan masker selama wisuda berlangsung.

Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT, dalam sambutannya mengatakan pentingnya kita untuk mampu meng-upgrade kapasitas, kompetensi, kualitas dan kualifikasi untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahunan dan teknologi yang berkembang.

“Karena apabila kita tidak mampu mengupgrade kapasitas kita, mengupdate informasi dan pengetahuan kita, maka kita akan tertinggal dengan bangsa-bangsa lain,” kata Rektor dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Rektor berharap, para wisudawan harus mampu untuk terus belajar mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Sehingga para lulusan Uncen bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi terutama di era digital 4.0 saat ini.

Mengakhiri sambutannya, Rektor Uncen Apolo Safanpo meminta para wisudawan untuk selalu dapat menjaga nama baik pribadi dan keluarga serta nama baik almamater tercinta Universitas Cenderawasih di tengah karya dan pelayanan di manapun berada.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Uncen, Dr. Onesimus Sahuleka, SH., M.Hum., usai prosesi upacara wisuda mengatakan pelaksanaan wisuda Periode III ini sengaja dibagi menjadi 2 hari karena masih dalam suasana pandemi sehingga bisa tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

Baca Juga  Relawan Inspirasi Desa Berdaya Bojongsari Lakukan Penanaman Pohon

“Kami (pihak Uncen) juga tidak mengundang orang tua atau pendamping wisudawan sehingga tidak menimbulkan kerumunan yang bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, dan ini sesuai dengan arahan protokol kesehatan,” tegas Wakil Rektor I Uncen ini.

Namun demikian, sambung Onesimus, Uncen telah menfasilitasi siaran live streaming prosesi wisuda ini melalui Channel Youtube Humas Universitas Cenderawasih, sehingga orang tua dan keluarga bisa menyaksikan langsung jalannya upacara wisuda.

Untuk diketahui, pada wisuda kali ini uncen meluluskan 1260 mahasiswa yang terdiri dari 9 Fakultas dan Program Pasca Sarjana, sedangkan pada Rabu (24/11) para lulusan yang dilantik berjumlah 616 orang wisudawan yang berasal dari 4 Fakultas dan 1 Program Pasca Sarjana. Sedangkas sisanya untuk 5 Fakultas lainnya, baru akan diwisuda pada Kamis (25/11) di tempat yang sama.

  • Share