Terkait issu diblokir kejaksaan sertifikat lahan, Aliansi Masyarakat tani Desa Hariarapintu Samosir datangi kantor DPRD

  • Share

Samosir,Journalnews.id||Sebanyak 20 orang perwakilan Masyarakat Desa Hariarapintu Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, menamakan diri ‘Aliansi masyarakat tani desa Hariarapintu’ mendatangai kantor DPRD Samosir Senin 10/5/2021.


Awalnya desa Hariarapintu merupakan dusun di desa Partungko Naginjang, sekarang sudah menjadi desa, dengan jumlah penduduk 800 orang lebih. Pada masa Kabupaten Tapanuli Utara, tepatnya tahun 1993, sekolah Dasar dibangun pemerintah.


Waktu itu masyarakat hidup dari hasil hutan, pada saat bupati Tapanuli Utara datang meresmikan SD itu, masyarakat bertanya kepada bupati Tapanuli Utara, mengapa lahan untuk perusahaan ada? Sedangkan kepada masyarakat tidak ada? Dijawab oleh bupati Tapanuli Utara kala itu, Lindu Panjaitan, kepada warga mengatakan akan diberikan lahan sepanjang 7 km dan lebar 500 meter dari jalan.

Demikian dikatakan oleh ketau Aliansi Masyarakat Tani Desa Hariarapintu, Joni Pasaribu Kepada DPRD Samosir Senin 10/5/2021.Ditambahkannya, Desa Partungko Naginjang dulunya adalah salah satu Desa yang terdiri dari 4 (empat) dusun, diantaranya Dusun Hutagalung, Dusun Baheara, Dusun Tele, dan Dusun Hariara Pintu, yang pada umumnya mata pencahariannya adalah dari hasil Hutan, dan sebahagian Bertani Nilam.

Baca Juga  KERINDUAN PARA SISWA TERHADAP SEKOLAH, GURU DAN TEMAN-TEMANNYA SEGERA TEROBATI
  • Share