Tanggul Krueng Pasee di Samudra Ini Kritis, Terancam Jebol jika Tak Diperbaiki

  • Share

Aceh Utara//Beberapa titik tanggul Krueng Pasee di wilayah Samudra, Kabupaten Kabupaten Aceh Utara mengalami kerusakan dan tergerus hingga ratusan meter.

Kondisi tanggul kritis dan cukup mengkhawatirkan, berada di Gampong Teupin Ara, Kecamatan Samudra Geudong.

Di Desa ini ada 2 titik tanggul yang tergerus cukup parah. Kedua titik itu berada di Dusun Mamplam Teupin Ara dan Duson dan Duson Tgk. Dikrueng Gampong Teupin Beulangan.

Geuchik Gampong Teupin Ara, Alkhalis.S.Sos, Senin 13 September 2024, mengungkapkan, kerusakan parah tanggul di desanya sudah terjadi hampir dua tahun terkhir.

“Kerusakan tanggul tersebut cukup mengkhawatirkan, sebab sempat muncul rembesan air dari Sungai ke permukiman warga disaat musim penghujan”.

Untuk meminimalisir dampak rusaknya tanggul, warga Gampong Teupin Ara pernah melakukan penambalan darurat secara gotoroyong pada September 2020 lalu.

Langkah itu, ujar Alkhalis, selain untuk mengurangi kekhawatiran akan jebolnya tanggul, juga untuk mengurangi dampak kerusakan tanggul yang lebih luas.

“Jadi, untuk meminimalisir kekhawatiran warga, kami lakukan penanganan darurat. Kami swadaya, dan walaupun upaya ini tidak bertahan lama”, ungkap dia.

Apalagi, lanjut Alkhalis, tanggul Sungai Krueng Pasee di Gampong Teupin Ara yang rusak, titiknya berdekatan dengan lokasi perkarangan rumah warga, dan sawahpun peenah mengalami gagal panen.

Tanggul yang rusak, berada diduson Mamplam dengan panjang sekira 100 meter dan didusun Tgk. Dikrueng sekitar 50 meter.

“Mengingat kedatangan musim penghujan kedepannya, kami berharap kepada pihak Dinas terkait untuk segera menangani kerusakan ini demi kenyamanan masyarakat yang ada di Daerah Aliran Sugai (DAS)”.

“Di khawatirkanTanggul jebol menyebabkan air Sungai Krueng Pased meluap dan merendam rumah-rumah warga, Ini biasa terjadi setelah hujan deras mengguyur. Tanggul tak mampu menahan derasnya debit air sungai,” tutup Alkhalis.

Baca Juga  Puluhan Siswa SMA Negeri 1 Meurah Mulia Antusias Ikuti Vaksinasi Tamoeng Sikula

Laporan: Sayful Tanlus

  • Share