SIDAK BUPATI KEEROM :” HENTIKAN SEGERA AKTIFITAS PERAMBAHAN HUTAN BATE

  • Share

Keerom (Papua)-// Bupati Keerom, Piter Gusbager, S,Hut, MUP meninjau langsung lokasi Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang mengalami perambahan hutan. Pada Senin ( 23/8/2021), di Kampung Byobiosi, Bate, Distrik Arso.

Dalam peninjauannya Bupati Keerom didampingi oleh Penjabat Sekda Keerom, Daniel Panca Pasanda, Kapolres Keerom, AKBP. Christian Aer, SH, SIK, Forkopimda, Dinas Kehutanan dan LH Provinsi Papua, Badan pertanahan Kabupaten Keerom, Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) dan lainnya.

Dalam keterangannya Bupati Piter Gusbager mengatakan bahwa kerusakan akibat perambahan hutan seluas 200 Ha lebih tanpa prosedur dan ketentuan yang berlaku oleh oknum- oknum pemilik modal dan tidak bertanggung jawab.

” Sesuai amanat UU No.18 Tahun 2013 tentang P3H, saya meminta segera menghentikan seluruh kegiatan ini dan meminta pihak aparat untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran hukum dari aktifitas perambahan hutan ini ,” Kata Bupati Keerom.

” Wilayah yang mengalami perambahan hutan ini merupakan kawasan penyangga yang memiliki fungsi Hidrologis bagi dataran yang ada dibawahnya terkhusus Arso yang dikelilingi oleh beberapa sungai dan anak sungai,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Piter Gusbager mengingatkan bagi siapa saja (para pemilik modal/investor) saudara/i yang ingin masuk ke suatu daerah khususnya Kabupaten Keerom agar mengikuti dan memperhatikan prosedur dan ketentuan yang berlaku di daerah ini.

” Tentunya harus disertai ijin dari pejabat berwenang dan terkait di Kabupaten Keerom. Saya berkomitmen terhadap situasi pelestarian lingkungan dan alam Keerom. Untuk diketahui ada beberapa ijin perkebunan sawit yang hari ini saya tidak proses,” tegas Bupati Piter Gusbager.

Sementara itu, Jan Jap L. Ormuseray selaku Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua melalui Kepala Cabang Dinas Kehutanan Keerom, Amsal B. Randalinggi mengatakan Apresiasinya kepada Pemkab Keerom terlebih Kepada Bupati Keerom, Piter Gusbager yang begitu perhatian terhadap pelestarian alam dan hutan. Sesuai Visi Gubernur Papua yakni dalam rangka pengamanan Hutan dan perlindungan hak-hak adat atas tanah dan hutan,” tutupnya.(amrizul).

Baca Juga  Muspika Meurah Mulia Pastikan Pilciksung Keude Karieng Aman Dan Kondutif
  • Share