Sekjen Partai UKM Muhajir Ingatkan Pentingnya Prokes Untuk Putus Mata Rantai Covid-19

  • Share
Muhajir, S.Kep.Ners.MMR Sekjen Partai UKM (Dokumen Khusus)

 

Jakarta-– Sekjen Partai UKM Muhajir, S.Kep.Ners.MMR mengimbau kepada masyarakat di lingkup keluarga agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) meskipun di dalam rumah. Prokes yang meliputi 5M mesti menjadi kebiasaan guna mencegah penyebaran Covid-19 kian meluas.

Muhajir mengatakan, PPKM skala mikro tetap mesti diperpanjang dan merupakan kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Dengan PPKM mikro saja kasusnya masih fluktuatif, bagaimana jika tidak diberlakukan,” ujarnya kepada awak media pokja kesehatan lewat daring, Selasa (22/6)

Muhajir menyatakan bahwa, pemberlakuan PPKM mikro bukan semata-mata demi menurunkan kasus Covid-19. Melainkan juga kepada upaya untuk menerapkan kebiasaan taat prokes di masyarakat. “Sehingga yang menjadi subyek adalah wilayah mikro di RT. Harapannya kebiasaan hidup dengan menjalankan prokes adalah penting,” kata pria yang bergelut di bisnis rumah sakit ini.

Dengan demikian, masyarakat menjadi terbiasa dan bisa menyelesaikan persoalan Covid-19 di wilayah masing-masing hingga di tingkat RT. Selain itu upaya ini juga sebagai salah satu bentuk agar masyarakat saling membantu dan bahu membahu dalam penanggulangan Covid-19.

Dia menjelaskan, meskipun PPKM mikro terus diperpanjang namun kasus Covid-19 masih terus menunjukkan tren yang fluktuatif hal itu disebabkan oleh sebaran kasus telah timbul hingga ke lingkup keluarga. Diimbau agar masyarakat tetap taat prokes meskipun di dalam rumah.

“Yang terjadi saat ini adalah menurunnya sebaran melalui kasus perjalanan luar kota, begitu juga perkantoran. Tetapi masih tetap tingginya kasus dalam keluarga. Artinya penularan terjadi dalam rumah, saat orang tidak menjalankan prokes. Yaitu di rumah tidak memakai masker, kebiasaan cuci tangan, apalagi jaga jarak. Jadi kontak eratnya seperti tidak ada pandemi selama interaksi di rumah,” kata Muhajir.

Di sisi lain, kesadaran masyarakat untuk taat prokes terutama menggunakan masker dan jaga jarak sudah mulai meningkat. Mereka disebut Heroe sudah saling mengingatkan satu sama lain untuk taat terhadap aturan prokes di masa pandemi. “Meskipun masih kita lihat sebagian masih ada beberapa yang mengabaikan juga. Tapi susah ada rasa malu dan ada orang yang mengingatkan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa sampai saat ini fenomena masih cukup sulit mengontrol masyarakat yang berdatangan dari luar kota ke wilayah lainnya. Masih banyak warga dari luar kota yang tidak melapor ke Satgas Covid-19 RT serta melakukan isolasi mandiri.

“Itu kan cukup sulit juga karena tidak semua yang datang itu melapor,” katanya.

Laporan: Jalal

  • Share