Sampah menjadi ladang penghasilan puluhan pemulung

  • Share

 

JOURNAL NEWS – Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) sampah di kabupaten Cilacap yang berlokasi di desa tritih lor kecamatan jeruklegi menjadi sumber penghasilan puluhan pemulung .

Senin 21/6/2021 awak media Juornalnews dalam tugas jurnalistik meliput proses pembuangan sampah akhir .

Tepat pukul 8.00 wib kami sudah berada tepat di pintu masuk TPA tritih lor menyaksikan armada pengangkut sampah yang mulai berdatangan .

Berawal dari jembatan timbang semua armada sampah yang masuk wajib melalui jembatan timbang untuk mengetahui berat muatan sampah yang dibawanya .

Kukuh salah satu petugas jembatan timbang mengatakan sudah menjadi kewajiban setiap armada sampah yang masuk wajib melewati jembatan timbang dan nanti hasilnya akan tercatat otomatis dengan elektrik ucapnya .

Setelah menyaksikan sistem penimbangan ,kami mohon ijin untuk masuk ke area pembuangan sampah yang letaknya tidak jauh dari jembatan timbang .
Sepanjang jalan kami menyaksikan ada beberapa tumpukan karung yang rupanya itu sengaja dikumpulkan oleh para pemulung yang nantinya akan di jual .

Ibu Sutiyem dan ibu Narwen dari sekian pemulung yang berhasil awak media wawancarai mengatakan syukur Alhamdulillah sudah ada sepuluh tahun lebih saya mengais rejeki dari sampah ini bisa untuk memenuhi kehidupan rumah tangga kami ujarnya .

Ibu Narwen mengucapkan terima kasih kepada petugas disini yang memperbolehkan kami – kami untuk memulung sampah meskipun kami harus bekerja yang penuh dengan sarang penyakit disini banyak lalat tapi itu sudah menjadi resiko terangnya .

Memang jauh mata memandang awak media disisi kanan kiri area TPA tersebut banyak penampungan – penampungan sampah para pemulung hingga terkesan kumuh .

Selain itu dari sekian papan tulisan yang ada di area tsb hampir rata – rata mengunakan bahasa Inggris apa ini sudah menjadi aturan entah bagaimana .yang jelas dari sekian memulung maaf rata – rata sudah usia tidak mudah apa mengerti dengan arti tulisan itu ?

Baca Juga  Kekosongan, segera Kades Mekarjaya lantik Kepala Dusun

Sampai berita ini diturunkan memang belum ada pejabat terkait yang bisa dimintai konfirmasinya meskipun awak media pada tanggal 21 /6/2021 jam 9.00 juga sudah ke dinas DLH untuk menemui bapak Awaludin namun menurut petugas jaga Beliaunya sedang tidak ada dikantor .

Melalui aplikasi WhatsApp nya Awaludin mereferensikan untuk menemui bpk teguh yang membidangi persampahan.
Hari Selasa jam 9.45 awak media meluncur ke dinas DLH dan diterima langsung oleh BPK Teguh diruang kerjanya menyikapi apa yang di muat dalam rilisan saya .

Teguh berjanji akan berkordinasi dengan pimpinan tegasnya .( Slamet wi )

  • Share