Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Kota Pangururan.

  • Share

Samosir,Journalnews.id|Tumpukan sampah dipinggir jalanan Kota Pangururan kembali terlihat hari ini. Warga menyebut tumpukan sampah dan berserakan itu akibat belum ada pengangkutan oleh dinas terkait.

Berdasarkan pantauan Journalnews Jumat 20 Agustus 2021 beberapa lokasi di pinggir jalan dan di depan halaman rumah warga Kota Pangururan terdapat tumpukan sampah yang berserakan, seperti di Jalan dekat RSUD Dr. Hadrianus Sinaga, di Jalan depan kantor BRI Simpang Ronggurnihuta dan di jalan dekat Pasar tradisional Onan Baru Pangururan Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Br.Tampubolon (46) salah seorang pemilik usaha yang berdomisili di kota pangururan mengatakan, awalnya sampah tersebut hanya sedikit. namun saat ini jumlah sampahnya semakin banyak.

“Sampah ini akan semakin menumpak dan berserakan jika tidak segera diangkut. sampah di dapur rumah kami juga masih ada, kami berharap agar dinas terkai dapat segera mengangkut sampah”,ucapnya saat ditemui di depan rumahnya, jumat (20/8/2021).

Dia mengungkapkan, akibat sampah tersebut, menimbulkan aroma bau sampah yang tidak sedap sehingga meresahkan tamu yang mau datang ke usahanya.

“Benar pak, akhir akhir ini pengangkutan sampah tidak menentu Kadang datang kadang tidak Nggak tentulah,” katanya.

Warga kota Pangururan lainnya,Sitiulina Sitanggang(37) mengatakan, belakangan ini sering kebingungan ketika ingin membuang sampah rumah tangga.

Pasalnya, tong sampah yang biasa dia gunakan sudah bocor dan sudah berulangkali ia ganti. ia berharap agar dinas terkait memberikan peningkatan pelayanan persampahan dan kalau bisa pemerintah memberikan Tong Sampah yang lebih layak.

Menanggapi permasalahan sampah, Anggota DPRD Kab.Samosir yang tinggal di Kota Pangururan, Polten Simbolon mengatakan Memang akhir akhir ini mobil pengangkut Sampah sering tidak terjadwal, biasanya setiap Kamis pagi tapi sekarang tidak menentu, kadang datang kadang tidak datang.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Samosir dalam rangka penetapan hasil Reses II

Harapan kedepannya agar pemkab samosir melalui dinas terkait dan pemerintah desa bekerja sama mencari solusi dalam hal kebersihan lingkungan daerah pasar percontohan dan pemukiman warga Desa Pardomuan 1.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir Sudion Tamba mengatakan, belum mengetahui tempat sampah yang berserakan.

“Ok…bahwa mobil kita ada kondisi rusak, dan besok akan di exsekusi semua”, Hal ini disampaikan Sudion tamba kepada wartawan lewat WA -WhatsApp, Jumat (20/8/2021) malam.

(Ton’s)

  • Share