Puluhan warga kp.pinggir kali Siaga Bencana Dan FMSRB Giat Bareng

  • Share

Serang | FMSRB ( Flood Management in Selected River Basin ) Kab Serang bersama KMSB (Kelompok Masyarakat Siaga Bencana) kp.pinggir kali Desa Tegal Maja, Kacamatan Kragilan kab serang banten Minggu 27 Juni 2021,mengadakan kegiatan gotong royong, giat ini dipimpin langsung oleh Kades Tegal Maja, H.M.Iksan.

Kegiatan bersih-bersih ini adalah bagian dari upaya untuk meminimalisir banjir yang kerap menghantui warga Kampung Pinggir Kali RT 012 RW 004 ,jelas Iksan disela-sela kegiatan.

“Kampung ini sering di sambangi banjir,jika debit air sungai Ciujung meningkat,makanya kita harus rutin membersihkan saluran air yang ada, lebih-lebih jika musim hujan,warga di sini was-was,”Ungkap Iksan.

Kepada awak media, Jamhuri dan Arsudin selaku ketua RT dan RW membenarkan apa yang dikatakan Kadesnya,”Benar Kampung Kami (Pinggir Kali-red) sering kebanjiran, karena pemukiman berdekatan dengan sungai Ciujung”.

“Namun sekarang Alhamdulillah dengan adanya saluran air yang dibangun melalui program FMSRB,dari Pemerintah Pusat melalui Dinas PUPR Kab Serang, air yang datang ke pemukiman segera surut,tidak sampai menggenangi rumah warga,” Ujar Ketua RT dan RW yang terlihat sangat kompak ini.

Melalui Jamhuri dan Arsudn, warga dan pemuda memberikan apresiasi yang tinggi kepada KMSB dan FMSRB karena berkat perjuangan mereka, di kampungnya kini ada saluran air permanen.

Perwakilan dari FMRSB Kab Serang dan juga sebagai Pendamping KMSB,Pipin menyatakan dirinya bersama Kelompok Masyarakat Siaga Bencana siap mengawal serta mendapingi program pembangunan saluran air atau drainase dan memberikan masukan kepada ketua KMSB,harapannya kepada Pemerintah agar kedepannya pembangunan saluran air atau drainase lebih banyak dan masuk skala prioritas”,Ungkapnya.(kaji/*Red)

  • Share