Prediksi 2023-2024 Bandara Senggi Sudah Bisa beroperasi

  • Share

Journalnews.id // Bupati Keerom, Piter Gusbager memimpin rapat koordinasi (Rakor). bersama para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Keerom beserta Kapolres Keerom, AKBP. Christian Aer, SH. S.I.K dan pihak terkait lainnya juga termasuk pengelola Bandara Senggi, pada Kamis (22/7/21).di Arso Swakarsa, Distrik Arso.

Pada kesempatannya, Bupati mengatakan Bandara Senggi harus segera dipersiapkan agar bisa beroperasi dalam waktu dekat. Diprediksi pada tahun 2023-2024 bandara Senggi sudah bisa operasional untuk pesawat penumpang.

” Kondisi landasan yang ada akan diperpanjang, demikian pula untuk lapron dan fasilitas penunjang bandara lainnya. Saat ini sedang dalam pengerjaan pembangunan pagar keliling bandara,” jelasnya.

‘’Diketahui pada pertemuan sebelumnya, bahwa pagar yang saat ini dikerjakan adalah dari DIPA Kementerian Perhubungan, ini menunjukkan bahwa Kementerian perhubungan serius dalam mengurusi bandara Senggi di Keerom, bahkan di Keerom ada dua bandara yang terdaftar yaitu Senggi dan Towe Hitam,” ujarnya.

Pada kesepakatan sebelumnya, Pemkab Keerom bertugas untuk membebaskan lahan yang nantinya akan digunakan sebagai areal perluasan bandara. Maka Bupati menunjuk dan menugaskan beberapa instansi teknis yang diberi tugas untuk mengatur pembebasan lahan yang ditargetkan mencapai 50 hektare.

Dikesempatan yang sama, Kaur TU Bandara Senggi, menjelaskan bahwa pada saat ini Panjang bandara adalah 900 meter dan ditargetkan secara bertahap akan mencapai Panjang sekitar 1750 meter.

‘’Ini sudah masuk masterplane kementerian perhubungan dan telah ditandatangani Menteri Perhubungan sejak tahun 2018, jadi tinggal dilaksanakan, cuma karena tahun ini ada refocusing maka ditunda, kita berharap tahun depan sudah bisa berjalan lagi,’’ungkapnya

Perluasan dan pengembangan Bandara Senggi dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Keerom sesuai dengan visi dan misi besar Pemerintah kabupaten Keerom. (amrizul)

  • Share