Menu

Mode Gelap
Dengan patroli KRYD cara Polsek Kesambi Polres Ciko, cipta kondisi Berdiri diruang kelas, personel binmas polsek Kesambi Ciko, edukasi pelajar Ketua MUI Kecamatan Mande Apresiasi Kapolri dan Timsus Ungkap Kasus Penembakan Brigadir J Dekat bersahabat sat binmas Polres Cirebon Kota edukasi ke penjaga sekolah Tingkatkan Hasil Usaha, Primkopti Indramayu Kerjasama dengan Perum Bulog

Hukum Kriminal · 28 Jul 2022 07:23 WIB ·

Polres Jayapura Kembali Ringkus 5 Tersangka Sindikat Curanmor Antar Daerah


 Polres Jayapura Kembali Ringkus 5 Tersangka Sindikat Curanmor Antar Daerah Perbesar


SENTANI, (JournalNews.id) – Kepolisian Resor (Polres) Jayapura kembali berhasil membongkar sindikat pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Jayapura.


Para pelaku berjumlah empat orang eksekutor dan seorang penadah yang berhasil diringkus ini terindikasi merupakan jaringan atau sindikat pelaku curanmor antar daerah.


Demikian disampaikan Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.I.K., M.H., didampingi Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Muhammad Rizka, S.TrK., KBO Reskrim Ipda Wahyu, S.H., M.H., saat menggelar konferensi pers, di Halaman Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Rabu (27/7/2022).


“Jadi, kedua kasus pencurian kendaraan bermotor atau curanmor yang berhasil kami ungkap itu terjadi di tempat, waktu dan dengan pelaku yang berbeda. Kenapa kita sebut sindikat curanmor antar daerah, karena sepeda motor yang dicuri para pelaku ini di Kabupaten Jayapura, tetapi penadah atau pembeli menerima di Kota Jayapura. Kemudian, para pelaku ditangkap di Kabupaten Yalimo bersama barang bukti,” ujar Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen di Mapolres Jayapura Doyo Baru, Rabu (27/7/2022) pagi.


Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, pihaknya berhasil membongkar dua kasus curanmor, yakni yang pertama terjadi pada Jumat, 15 Mei 2022 sekitar jam 04.00 WIT, di BTN Puskopad Sentani. Sedangkan, untuk tindak pidana penadahnya terjadi pada 28 Mei 2022, di Kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura dengan para pelaku berinisial FP (20), WA (26) dan TM (19) sebagai penadah.


Kronologis kejadian, pada tanggal dan waktu yang disebutkan di atas, korban memarkir sepeda motornya di depan teras rumah. Saat itu, pelaku yang berjumlah dua orang dengan inisial FP dan WA memantau situasi dari depan rumah tersebut. Setelah motor tersebut berada di luar rumah, pelaku FP menendang motor itu hingga kancingan stirnya terlepas, kemudian FP mendorongnya.


Selanjutnya, pelaku WA memotong kabel pada motor tersebut dan menyambungkan kabel untuk menghidupkan mesin sepeda motor tersebut. Setelah itu, para pelaku pergi ke arah Abepura membawa motor hasil curian tersebut.


Sedangkan untuk kronologis kejadian kasus curanmor kedua itu terjadi pada Selasa, 19 Juli 2022 sekitar jam 04:00 WIT, di Jalan Youmakhe – Pasar Baru tepatnya di Belakang Gereja El Roy Sentani. Di tanggal dan jam yang disebutkan di atas, korban terbangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat subuh. Namun saat hendak mengambil air wudhu di luar rumah, korban melihat dua unit motornya yang terparkir di garasi rumah sudah tidak ada atau raib di gondol para pelaku curanmor.


Motor hilang tersebut, dicuri oleh tersangka atas nama MH, AW dan OH dengan cara menendang atau merusak kunci stang stir motor, yang kemudian MH menyambungkan kabel kontak motor tersebut setelah itu para pelaku membawa kabur motor curian tersebut. Adapaun motor yang dicuri adalah 1 unit motor Honda CRF dan 1 unit Honda Beat Street.
“Para pelaku baik yang mencuri tetapi juga yang menadah akan dikenakan hukuman 4 – 7 tahun penjara sesuai dengan pasal yang disangkakan yakni, Pasal 363 dan Pasal 480 KUHP,” ujar Kapolres Jayapura.
Menurutnya, para pelaku dan penadah, baik di kasus yang pertama dan kedua dalam waktu dekat akan diserahkan kepada kejaksaan. Saat ini, pihaknya sedang melengkapi berkas-berkas perkara, dan menurut rencana pada Hari Jumat (29/07) akan dilakukan tahap dua yaitu penyerahan barang bukti dan tersangka kepada kejaksaan negeri. (RZR)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Sambut HUT RI Ke- 77, Pemkab Keerom Gelar Festival Band Merah Putih memperebutkan Piala Bupati Keerom

10 Agustus 2022 - 17:52 WIB

Bupati Keerom Dilantik Menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Masa Bhakti 2022-2027

8 Agustus 2022 - 16:29 WIB

Bareskrim Polri Tetapkan Brigadir RR Jadi Tersangka

8 Agustus 2022 - 09:38 WIB

Bupati Keerom Pimpin Rakor Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Budidaya Jagung Program Food Estate di Kabupaten Keerom Provinsi Papua.

6 Agustus 2022 - 21:13 WIB

Pria Tanpa Identitas Ditemukan Meninggal Di Bawah Pohon Bakau

5 Agustus 2022 - 09:29 WIB

Bersejarah..! Bupati Keerom Piter Gusbager Melakukan Peletakan batu pertama Tanda Dimulainya Pembangunan Kantor Pemerintah di Waris

4 Agustus 2022 - 11:12 WIB

Trending di Daerah