Menu

Mode Gelap
Pengaruh Motivasi Terhadap Perkembangan Peserta Didik Babhin Lemahwungkuk Polres Ciko, edukasi pelajar dalam kelas Inovasi binmas Jamblang Bhabin Babadan Polsek Gunung Jati Polres Ciko Sampaikan Prokes 5m Covid 19 kepada warga Melalui Inovasi jamblang Kanit Binmas Polsek KPC Polres Ciko Ajak Harkamtibmas warga Inovasi Jamblang Bhabinkamtibmas Tuk Polsek Kedawung Polres Ciko, himbau warga Prokes covid 19 di masa Pandemi

Papua · 9 Jan 2022 15:19 WIB ·

Polda Papua Kerahkan Ratusan Personel Dalam Penanganan Banjir dan Longsor di Kota Jayapura


 Polda Papua Kerahkan Ratusan Personel Dalam Penanganan Banjir dan Longsor di Kota Jayapura Perbesar

Jayapura -// Journal News Papua
Sebanyak 380 personil Kepolisian terdiri dari Satbrimob, Samapta dan Polairud di kerahkan untuk membantu penanganan banjir dan longsor di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Hal tersebut di sampaikan langsung Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Mathias D. Fakhiri melalui Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangan tertulis nya, pada Sabtu (8/01/22).

Penanganan dan evakuasi di pimpin langsung Kapolda Papua dan dilakukan secara terpadu bersama instansi terkait di beberapa titik banjir dan longsor serta membersihkan material yang longsor sampai ke jalan raya dan pembersihan saluran drainase yang menyumbat aliran air.

Para personil Kepolisian yang di turunkan juga melakukan patroli guna mengecek perkembangan sekaligus memonitor lapangan dan memberikan himbauan pada masyarakat untuk waspada akan curah hujan lanjutan yang cukup deras.

Kabid Humas Polda Papua tersebut menuturkan bahwa berdasarkan rapat kordinasi bersama Forkopimda, hasilnya jajaran Forkopimda menyepakati untuk mendirikan penampungan bagi para pengungsi yang berpusat di Balai Diklat Sosial Tanah Hitam, posko induk di GOR Waringin dengan 3 posko pembantu (Organda, Pasar Youtefa dan SMU 4 Entrop. Surat Keputusan (SK) status tanggap darurat segera di buat oleh Walikota Jayapura.

Makanan yang dibagikan kepada warga terdampak banjir dalam bentuk makanan siap saji di 4 Distrik yaitu Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, dan Heram oleh Dinas Sosial sebanyak 3 kali sehari,” jelasnya.

Total korban meninggal dunia akibat banjir dan longsor di Kota Jayapura sebanyak 7 orang dan korban luka-luka sebanyak 4 orang. Untuk korban selamat di evakuasi ke Rumah Sakit terdekat diantaranya RS.Dok II, RS. Provita dan RS. Bhayangkara.

Adapun wilayah bencana tanah longsor yang paling parah terdapat di wilayah Jayapura Utara antaranya Nirwana I Bhayangkara, APO Kali dan Kloofkamp Abepura. Untuk daerah banjir terparah berada di Distrik Abepura yaitu Perum Organda, Kali Acai, kompleks Pasar Youtefa, pemukiman kompeks SMU 4 Entrop, PTC dan Hamadi. Sedangkan di wilayah Kabupaten Jayapura banjir terparah terjadi di Perumahan BTN Gajah Mada, Yahim dan areal Stdion Lukas Enembe Sentani.

Selain Kapolda Papua, para pejabat utama Polda Papua di libatkan langsung untuk turun ke lapangan dan memimpin proses penanganan bencana alam banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura,” pungkas Ahmad Musthofa Kamal.

(Azk)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bahas Masalah Tanah Pelabuhan Petikemas Depapre, Bupati Dialog Dengan Masyarakat Adat

22 January 2022 - 11:20 WIB

Tahun 2021 Kabupaten Jayapura Menangani 35 Anak Korban Kekerasan Seksual

22 January 2022 - 07:39 WIB

Pertama di Keerom, Sekolah Unggulan YPK Akan Segera di Bangun di Arso Timur

21 January 2022 - 07:53 WIB

Merasa Kecewa, Puluhan Warga Kampung Bibiosi Palang Lapas Perempuan dan Anak Kelas II Jayapura

21 January 2022 - 00:02 WIB

Merasa Kecewa,Puluhan Warga Kampung Bibiosi Palang Lapas Kelas ll Jayapura

20 January 2022 - 21:19 WIB

Partai NasDem Peduli Korban Banjir Jayapura Bagikan 2000 Kasur Kepada Warga Terdampak

20 January 2022 - 16:30 WIB

Trending di Papua