Pilchiksung Gampong Perdalaman, Sebagai Harapan Baru Bagi Masyarakat Buket Makarti

  • Share

Aceh Utara//Pemilihan Keuchik Secara langsung (PILCHIKSUNG) sangat membantu masyarakat Gampong, ini merupakan wadah demokrasi dalam hal kebebasan untuk di pilih atau memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing yang bebas, umum dan rahasia.

Buket Makarti merupakan Gampong Perdalaman di Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, pada tahun ini 2021, telah melaksanakan pemilihan Keuchik Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan 03 November 2021, tepatnya dihalaman Meunasah setempat.

Dalam mindset kita atau gambaran secara umum, Gampong Buket Makarti merupakan suatu daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota, Daerah yang dikelilingi hutan, Suasana yang sejuk, rindang, bersih, dan segar. Masyarakat yang ramah dan saling gotong royong. Ternyata, tanpa sadar paradigma tersebut belum berlalu, Mungkin sampai 10 atau 20 tahun mendatang. Pada umumnya terlihat, Buket Makarti perlahan mengalami perubahan sejak dipimpin Geuchik “Muzamir” periode lalu. Akses transfortasi telah terjangkau, meskipun masih banyak jalan yang rusak, Sumber penerangan telah terbangun, Komunikasi melalui perangkat internet dan android sudah dapat tersambung. Intinya, desa sudah tidak dapat dikatakan lagi sebagai masyarakat pedalaman atau terkebelakang.

Ibarat dua sisi mata uang, haq dan batil akan selalu memberikan potensi dan peluang beriringan. Begitu juga yang dialami Gampong Buket Makarti tentang Peningkatan ekonomi, kesadaran pendidikan, dan seperangkat kemudahan akses dan teknologi juga membawa dampak tergerusnya nilai-nilai yang menjadi karakter Gampong tersebut. Sikap apatis dan individualisnya semakin subur, menjadi kewajiban bagi kandidat yang unggul pada Pichiksung 2021 untuk membuat Gampong ini sebagai kepingan kota di tempat yang berbeda.

Pada momentum pesta demokrasi ini, Ibu Murdiana. Spd, salaku Pj.Geuchik Buket Makarti berpesan, Perihal lingkungan di desa jangan sampai terabaikan oleh kepala desa terpilih nantinya.

Baca Juga  Relawan Inspirasi Desa Berdaya Bojongsari Lakukan Penanaman Pohon

“Hal ini patut dikhawatirkan, karena visi dan misi calon kepala desa hanya seputar pembangunan fisik, akan tetapi pemberdayaan, pengokohan adat dan agama, serta persatuan Itu semua penting. Namun kita menyadari perihal tersebut merupakan rangkaian kalimat yang lumrah dari waktu ke waktu. Jarang sekali kita perhatikan aspek lingkungan yang menjadi topik program calon kepala desa yang baru”, katanya.

Panitia Pemilihan Geuchik ( P2G) Gampong Buket Makarti, Mujibuddin, saat dikonfirmasi Media ini, menyampaikan bahwa pemilihan hari ini adalah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, serta nama-nama Calon dengan nomor urut telah ada secara sah sebanyak 2 Orang, sebutnya.

Berlangsungnya acara pemilihan Keuchik secara demokrasi turut disaksikan langsung oleh Camat, Polsek Danrami 10 dan Imum Mukim Kecamatan Tanah Luas.

Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) menyebutkan, adapun hasil pemilihan berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara sebagai berikut, nomor urut 1. atas nama Kamaruddin memperoleh suara sah 38, selanjutnya nomor urut 2, T. Samsul Rizal memperoleh suara sah 64, serta untuk suara tidak sah sebanyak 3 Suara. yang tidak hadir sebanyak 18 orang dari 123 jumlah pemilih yang ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Mujjbuddin menambahkan “berdasarkan hasil rekap yang telah ditanda tangani bersama, maka nomor urut 2 atas nama T. Samsul Rizal terpilih sebagai Keuchik Gampong Buket Makarti untuk periode 2021-2027, dengan ucapan sukses pada beliau dan kita harapkan agar roda pemerintahan berjalan secara transparansi dan terbuka kepada masyarakat”, Tambahnya.

Camat Tanah Luas, Usman. K. S.Sos menuturkan pelaksanaan pemilihan Geuchik di Gampong Buket Makarti berjalan lancar, yang dilaksanakan oleh ( P2G), serta dari semua pelaksanaan oleh panitia hasil dapat kita lihat sesuai rekap, yaitu nomor urut 2 atas nama T.Samsul Rizal terpilih sebagai Keuchik Gampong Makarti.

Baca Juga  Hingga Saat Ini Tim Sar Belum Menemukan Titik Terang Dalam Pencarian Korban Tenggelam Di Sungai Tarum Timur

“Kita berharap kepada Keuchik yang terpilih bisa bekerja sama dengan baik, dan bisa melaksanakan tugas-tugasnya secara transparan, membagun kerja sama yang baik dengan aparatur Gampong, Masyarakat dan muspika”, Tutupnya.

Laporan : Sayful Tanlus

  • Share