PESONA KEINDAHAN BUKIT BUKIT INDAH SITALMAK-TALMAK

  • Share

Sumatera Utara,JurnalNews| Siapa yang tidak takjub dengan pesona Danau Toba. Kita bisa melihat keindahannya dari berbagai sisi di tujuh (7) kabupaten Kawasan Danau toba, Sumatera Utara. Salah satunya kita dapat melihat keindahan Danau Toba dari “BISS” (Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang) yang berada di Desa Dolok Raja Sihotang Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Wisata Keindahan BISS atau yang sering orang sebut “Bukit Sitalmak” dan Banyak juga orang menyebut Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang dengan sebutan “Bukit Damai”, wisatawan merasa ada kedamaian saat berada di Bukit BISS

Wisatawan dapat memanjakan mata dan memuaskan diri dengan menikmati keindahan suasana pegunungan Bukit Sitalmak di Desa Dolok Raja Sihotang (kawasan Kenegerian Sihotang).Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan Sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. 

Peson Bukit Sitalmak, memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi, Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Samosir tidak mengunjungi Wisata Bukit Sitalmak yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut,sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur Nasional, ataupun hari libur lainnya. 

Keindahan Wisata Bukit Sitalmak ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi dan merasakan sensasi tempat Wisata Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang.

Untuk menuju bukit ini dapat ditempuh dengan dua rute.

Pertama melalui Medan – Kabanjahe – Tele- Harian, Sihotang

Kedua Melalui Medan – Siantar – Parapat – Tomok (Kab. Samosir-Pangururan- Pintu Batu- Sihotang (Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang)

Jika wisatawan memilih jalur yang kedua dimana melewati parapat dan menyeberang lewat pelabuhan Tiga Raja untuk sampai ke Tomok (kab. Samosir) Setibanya di Tomok Wisata langsung menuju Pangururan (Pusat kota Samosir dan terus menuju Pelabuhan Pintu Batu dan siap menyebrangi dengan layanan kapal Penumpang Yang setiap saat memberikan Layanan Menuju Sihotang (Kawasan Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang)

Baca Juga  Atlet Perahu Layar Binaan Yonmarhanlan III Sabet Juara 3 Lomba Kasal Cup.

Syahriza, wisatawan asal medan, baru baru ini utarakan kepada JurnalNews, Hempasan angin dan udara yang segar membuat kita memejamkan mata menikmatinya. Gunung dan Bukit-bukit terlihat sangat megahnya diatas danau toba yang biru,memandang Pulau Samosir dari atas Bukit Sitalmak seakan beban pikiran Plong…. ‘Langit pun seperti lukisan abstrak yang sangat indah,ada Kedamaian disini,”Pokoknya kata-kata tidak dapat mewakili keindahannya,luar biasa Bang,”tutur Syahriza.

Senada dengan apa yang dituturkan Nur emeliana, Wisatawan manca negara asal Malaysia, “Kami pun terkesima ketika melihat sekeliling bukit sitalmak ini dan luar biasa, seperti suasana di film kartun anak-anak teletubbies yang dikelilingi bukit hijau, Rerumputan. Bukit Sitalmak-talmak juga cocok untuk para pengunjung melakukan percampingan karena permukaan bukitnya datar dan tidak bergelombang.

Puji Tuhan, sungguh besar kemurahan Tuhan dan ajaib ciptaanya, demikian celoteh dari wisatawan yang datang Ke Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang.

Damainya hati berada dibukit sitalmak talmak berbanding terbalik dengan perasaan hati pengelolanya.Pengelola obyek wisata Judin Sihotang mengeluh. Keluhan menyusul perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ketatnya pemberlakukan PPKM, hingga para pengelola objek wisata tidak diperbolehkan beroperasi.

“Memang sejak perpanjangan PPKM di kabupaten samosir, semua pengelola objek wisata tidak ada pemasukan. Bagaimana ada pemasukan, seluruh objek kawasan wiisatanya saja, sudah tidak boleh beroprasi. Jangankan untuk merawat pasilitas kawasan wisata, untuk kebutuhan sehari hari saja kita sudah mulai pusing,”keluh pengelola bukit sitalmak talmak kepada Hotjurnal Sabtu (13/11/2021).

Lanjutnya, Sekarang Suasana Covid-19 di Kab.Samosir Sudah membaik, Semoga Wisatawan kembali Normal dan melirik keindahan kawasan danau toba khususnya Keindahan Bukit Indah sitalmak talmak ini, kami berharap agar wisatawan tetap mematuhi prokes,”Tutur judin Sihotang.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Sambang door to door kerumah rumah Masyarakat yang belum di Vaksin

(Sartono Sihotang/Ton’s)

  • Share