Internasional

Peringati HUT Ke-77 RI, KJRI Jeddah Gelar Resepsi Diplomatik

80
×

Peringati HUT Ke-77 RI, KJRI Jeddah Gelar Resepsi Diplomatik

Sebarkan artikel ini

JEDDAH— Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-77. Kegiatan yang berlangsung Minggu (18/10) di Balai Nusantara Wisma Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah dihadiri sekitar 250 tamu undangan yang terdiri dari para kepala perwakilan dari negara-negara sahabat, perwakilan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, kalangan pengusaha dan media setempat.

Mengawali rangkaian acara, para tamu disambut dengan penampilan tari tradisional oleh siswa-siswa Sekolah Indonesia Jeddah. Acara dilanjutkan dengan pemutaran lagu kebangsaan Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi, sambutan Konjen RI Jeddah dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Konjen RI Jeddah Eko Hartono bersama Dirjen Kementerian Luar Negeri Arab Saudi Cabang Provinsi Mekkah Mazen bin Hamad Al-Hamali, Direktur Protokol Adnan Abdul Hamid, Direktur Urusan Kekonsuleran Ahmad Muhammad Qutub, Wakil Perwakilan Tetap Organisasi Kerja sama Islam (OKI) dan para konsul jenderal dari negara-negara sahabat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Konjen RI Jeddah dalam sambutannya mengapresiasi semangat bersama untuk memperkuat kerja sama dan persahabatan demi mencapai kemakmuran bersama. Konjen Eko Hartono juga menegaskan bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi di semua bidang terus menunjukkan trend positif, dan kian menguat dengan kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz pada 2017.

Demikian juga di bidang kerja sama ekonomi. Meskipun didera pandemi Covid-19, neraca perdagangan RI dan Arab Saudi juga tetap menunjukkan trend positif. Untuk memperkuat di bidang kerja sama ekonomi, lanjut Konjen, Pemerintah RI mengundang para pelaku bisnis di Arab Saudi untuk berpartisipasi dalam gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37.

“Saat ini Indonesia memiliki sekitar 2.500 startup, 8 unicorn, dan 2 decacorn, dengan valuasi lebih dari USD 50 miliar. Startup inovatif Indonesia menjadi katalis untuk meningkatkan investasi,” kata Konjen Eko Hartono di hadapan para tamu undangan.

Tahun ini, lanjut Konjen Eko, Indonesia mendapat kepercayaan memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 Ekonomi utama dunia, dengan mengusung semangat “Recover Tother, Recover Stronger”. Sebanyak 18 Kawasan Ekonomi Khusus yang memiliki keunggulan geo-ekonomi dan geo-strategis juga disiapkan Pemerintah Indonesia bagi para investor dengan fasilitas dan insentif khusus.

“Kami dengan senang hati menyambut Anda sekalian untuk berinvestasi di Indonesia, negara dengan berjuta peluang,” imbuh Konjen RI Jeddah.

Lebih lanjut, Konjen Eko Hartono, menegaskan dukungan Indonesia terhadap berbagai berbagai langkah Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk merealisasikan berbagai programnya sebagaimana telah dicanangkan dalam Visi Saudi 2030.

Para tamu undangan dihibur dengan salah satu grup band WNI di Jeddah dan hidangan kuliner nusantara. KJRI Jeddah menggandeng sebanyak lima restoran Indonesia yang menyajikan aneka masakan dan jajanan dan minuman tradisional dari berbagai daerah.

Laporan: Fauzy Chusny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *