Menu

Mode Gelap
PTBA Turut Sukseskan Pemilihan Bujang Gadis Serasan 2022 Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Sekaligus Membuka Kegiatan Tasyakuran Milad ‘Aisyiyah Ke 105 Mendengar Keluhan Warga Wabup Cirebon Bergegas Turun Ke Lapangan Berikan Bantuan Kursi Roda Dan Sembako. Bupati Lahat Buka Rapat Paripurna DPRD DPD Pemuda Saireri Keerom Siap Gelar Rakerda Untuk Rumuskan Program Kerja

Sumut · 23 Jul 2021 13:45 WIB ·

Penanaman Perdana Bibit Kopi Program Starbucks Farmer Dukung Program Kerja 100 Pemkab Samosir


 Penanaman Perdana Bibit Kopi Program Starbucks Farmer Dukung Program Kerja 100 Pemkab Samosir Perbesar

Samosir,Journalnews.id||Bupati Samosir yang diwakili Sekdakab Samosir Drs. Jabiat Sagala, M. Hum menanam bibit kopi pada kegiatan penanaman perdana bibit kopi Program Dana Partisipatif Starbucks Farmer Support Center di Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu, Kamis (22/7/2021).

Turut hadir pada acara ini pimpinan Starbuck Famer Support Center; pimpinan PT Sumatera Specialty Coffee (SSC) Surip Mawardi, Para Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Onanrunggu, Kepala Desa Sipira; dan masyarakat anggota kelompok tani.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program kerja 100 hari Bupati/Wakil Bupati Samosir dengan mengedukasi para petani kopi tentang cara bertanam kopi berbasis “good agriculture practices” (praktik-praktik pertanian yang baik) secara berkelanjutan.

Kepala Dinas Pertanian Samosir, Victor Sitinjak dalam laporannya menyampaikan agar kelompok tani berkomitmen untuk memelihara dan merawat kopi yang ditanam sehingga menghasilkan panen sesuai standar yang ditetapkan dan dapat dipasarkan kepada pihak Starbucks dengan harapan tetap terjalin kerja sama dengan Starbucks untuk pengembangan kerja sama lanjutan.

Bibit kopi bersertifikat siap tanam yang dibibitkan pada lahan kelompok tani Siboan Tua, Desa Sipira akan diserahkan kepada tiga kelompok tani: (1) Siboan Tua Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu; (2) Purma, Desa Ronggurnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta; dan (3) Mulia Tani Desa Lintongnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta; masing-masing menerima 23.000 batang bibit kopi.

Bupati Samosir dalam sambutannya meminta perhatian seluruh masyarakat Desa Sipira agar tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat lonjakan angka konfirmasi positif yang tinggi pada bulan Juli 2021 ini. Selanjutnya, juga memaparkan bahwa 85% dari 144.000 jumlah penduduk Kabupaten Samosir adalah petani dan pertanian merupakan basis pembangunan di samping pariwisata sebagai satu kesatuan.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Samosir Vandiko Gultom Hadiri Perayaan Paskah Oikumene Kabupaten Samosir

14 May 2022 - 14:21 WIB

PASCA LIBUR IDUL FITRI, KASUS COVID 19 DI KABUPATEN SAMOSIR MENURUN

9 May 2022 - 22:07 WIB

Sosialisasi Tugas dan Wewenang Penyidik Pegawai Negwei Sipil (PPNS) di lingkungan Pemkab Samosir

28 April 2022 - 11:11 WIB

WAKIL BUPATI SAMOSIR SERAHKAN BANTUAN ALSINTAN

27 April 2022 - 16:57 WIB

Hadiri Paripurna PAW DPRD Samosir, Wakil Bupati: Mari Bekerja Sama Proaktif Menggerakkan Masyarakat dalam Membangun Samosir dengan Segala Potensi

26 April 2022 - 20:01 WIB

Usung Thema “Ho Do Na Hupillit”, Bupati Samosir Buka Gelaran Festival Gondang Naposo.

16 April 2022 - 17:28 WIB

Trending di Sumut