Pemdes grogol kecamatan kapetakan resmi bentuk panitia sedekah bumi

  • Share

JOURNALNEWS – Adat sedekah bumi atau adat ngunjung merupakan budaya masyarakat yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat desa bahkan tidak bisa di tinggalkan karena adat seperti ini sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang.

Di samping itu adat sedekah bumi atau ngunjungan juga merupakan budaya lokal dari nenek moyang /leluhur masyarakat suatu desa,sehingga acara semacam ini mungkin tidak bisa di tawar-tawar lagi untuk tidak melaksanakanya,tentu ini di nilai oleh masyarakat desa sebagai upaya untuk melestarikan budaya lokal serta kearipan lokal yang ada pada masing-masing masyarakat desa.

Adat sedekah bumi/ngunjungan merupakan agenda tahunan yang di laksanakan setiap tahun oleh masyarakat desa setempat.

Maka dari itu pemerintah desa grogol kecamatan kapetakan membentuk kepanitiaan adat sedekah bumi /ngunjungan agar acara adat ini bisa berjalan lancar,tertib dan sukses tanpa ekses,bertempat di balai desa grogol,kecamatan kapetakan,kabupaten cirebon,jawa barat,selasa malam 14/9/2021.

Acara pembentukan panitia adat sefekah bumi tersebut di hadiri oleh kuwu desa grogol kecamatan kapetakan ‘Suyatno’ babinkamtibmas,ketua Bpd,toko masyarakat desa grogol,toko ulama,toko pemuda dan masyarakat desa grogol.

Kuwu desa grogol kecamatan kapetakan ” Suyatno”menjelaskan bahwa adat sedekah bumi/ngunjungan yang ada di desa kami harus kami laksanakan karena adat sedekah bumi /ngunjungan di desa kami,sudah di laksanakan oleh pendahulu kita,kami tinggal meneruskan saja,”kata kuwu Suyatno.

” Alhamdulillah dengan ijin allah Swt,ahirnya pembentukan panitia sedekah bumi/ngunjungan bisa berjalan dengan lancar serta menghasilkan sebuah keputusan panitia yahni ketua panitia ‘ Nurdin,sekretaris ‘Alil,dan bendahara’ Sadori,”tegasnya.

Kami berharap acara sedekah bumi/ngunjungan yang ada di desa kami bisa berjalan lancar,tertib dan kondusif serta sukses tanpa ekses,”harap kuwu yatno panggilan akrabnya.

Baca Juga  Surat Referensi Bank BRI Untuk Partai UKM Resmi Terbit!

” Kita serahkan sepenuhnya kepada panitia karena kepanitiaan sudah terbentuk,sehingga panitia sudah bisa mulai kerja,seperti apa dan bagaimana dari mencaridana sampai acara sedekah bumi berakhir,”ujarnya.

Sementara “Nurdin”ketua panitia acara sedekah bumi/ngunjungan mengatakan dirinya siap melaksanakan tugas kepanitiaan acara adat yang ada di desa grogol ini,demi memenuhi keinginan daripada masyarakat kami untuk acara tersebut tetap berjalan dan di adain tiap tahunya.

“Keinginan masyarakat desa kami sangat kami kedepankan untuk bisa terwujudnya acara adat sedekah bumi dengan segala pernak -perniknya seperti tontonan sandiwara,wayang dan seterusnya,”ucap Nurdin.

Kami berharap pada pemangku kepentingan agar bisa mengabulkan keinginan masyarakat kami,yang menghendaki agar adat ngunjung ini bisa tetap berjalan dengan meriah walaupun situasi masih pandemi namun kami tetap menjalankan prokes secara ketat,”harapnya.

Laporan :Sana

  • Share