Menu

Mode Gelap
Babhin Lemahwungkuk Polres Ciko, edukasi pelajar dalam kelas Inovasi binmas Jamblang Bhabin Babadan Polsek Gunung Jati Polres Ciko Sampaikan Prokes 5m Covid 19 kepada warga Melalui Inovasi jamblang Kanit Binmas Polsek KPC Polres Ciko Ajak Harkamtibmas warga Inovasi Jamblang Bhabinkamtibmas Tuk Polsek Kedawung Polres Ciko, himbau warga Prokes covid 19 di masa Pandemi Jalin Korkom Bhabin Sura kulon Polsek Kapetakan Polres Ciko Inovasi jamblang Sampaikan pesan Kamtibmas kepada warga

Papua · 9 Jan 2022 15:22 WIB ·

Peduli Korban Banjir, BPW KKSS Papua Salurkan Bantuan Logistik


 Peduli Korban Banjir, BPW KKSS Papua Salurkan Bantuan Logistik Perbesar

JAYAPURA, journalnews.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura pada Kamis (6/1/2022) malam hingga Jumat (7/1/2022) pagi mengakibatkan bencana alam banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Menyikapi hal ini, Ketua Badan Pengurus Wilayah-Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW-KKSS) Provinsi Papua, Dr. H. Mansur, M. SH., MM., langsung mengecek beberapa pilar KKSS yang bergerak membuka Dapur Umum dan Posko Bantuan Banjir, yang berfungsi sebagai penyelengaraan makanan bagi korban banjir Jayapura sekaligus menyerahkan bantuan logistik.

Sebagaimana yang dilakukan pada Sabtu (8/1/2022), Ketua BPW KKSS Papua, H. Mansur bersama beberapa pengurus BPW KKSS Papua, IWSS dan Ikami Sulsel Provinsi Papua saat mengunjungi Dapur Umum dan Posko Bantuan Banjir yang dibuat oleh Kerukuran Keluarga Masyarakat Bone-Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKMB-KKPB) Provinsi Papua dan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kota Jayapura.

Selain melihat langsung aktifitas Dapur Umum di dua tempat tersebut, H. Mansur juga menyerahkan sejumlah bantuan logistik untuk menambah persediaan penyelenggaraan makanan yang dilakukan kedua pilar KKSS tersebut.

Usai Menyerahkan bantuan logistik, ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, H. Mansur menyebutkan, pihaknya selaku Ketua KKSS memberi apresiasi kepada kedua pilar KKSS tersebut, yang telah mendahului dalam membatu korban bencana banjir Jayapura kali ini.

“Pertama saya (ucapkan) terima kasih kepada KKMB-KKPB dan IKT ini pilar kita yang lebih mendahului daripada KKSS. Bahwa, KKSS itu sebagai wadah berhimpun bersama, rumah bersama dari Sulawesi Selatan sudah seharusnya kita saling terpatri guna saling memberi satu sama lain,” ujar Haji Mansur usai menyerahkan bantuan logistik di Dapur Umum IKT Kota Jayapura, di Halaman Gedung Tongkonan IKT, Jalan Jeruk Nipis Lembah Furia Indah, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura Sabtu (8/1/2021) sore.

Lebih lanjut Haji Mansur mengatakan, pihaknya turut prihatin atas musibah ini, di luar kemampuan manusia, sehingga kita harus bersama-sama memberikan rasa iba kepada saudara-saudara kita, terutama kepada sesama warga KKSS.

“Untuk itu, kepada warga kita dari Bugis, Makassar, Toraja maupun Mandar itu kita harus bersama-sama. Maka itu, saya mengimbau kepada seluruh pilar harus turun tangan untuk saling berbagi kasih. Artinya, di awal tahun baru ini, baru kita selesai (merayakan) Natal dan Tahun Baru sama-sama dan bencana ini langsung terjadi. Kita harus sabar dan kita harus memperkuat rasa persaudaraan kita sesama warga Kota Jayapura untuk saling membantu,” ujar Ketua Umum Yapis di Tanah Papua ini.

Selain itu, Haji Mansur menambahkan, bencana yang terjadi tidak hanya di Kota Jayapura saja, tetapi juga di wilayah Sentani (Kabupaten Jayapura). Hal ini juga akan menjadi perhatian KKSS bersama seluruh warga KKSS di dua wilayah ini.

“Bantuan yang kami serahkan ini sebagai awal, dan mudah-mudahan selanjutnya KKSS masih bisa berupaya lagi untuk datang kesini dan ke semua warga-warga yang membutuhkan. Saya sangat prihatin, karena sebagian besar korban banjir di Kota Jayapura ini berdampak pada warga kita. Bahkan hingga menimbulkan korban jiwa, karena itu mari kita berdoa untuk sama-sama terhindar dari bencana ini, untuk terhindar dari bencana ini dan kita saling membantu yang terbaik,” ujar pria yang juga Ketua DMI Provinsi Papua ini.

Haji Mansur sangat berterima kasih kepada warga KKSS yang telah bergerak cepat membangun dapur umum dan posko bantuan, untuk meringankan beban para warga korban banjir.

“Langkah pertama harus seperti itu, kalau kita harus mengharapkan pemerintah, pemerintah juga terbatas. Dan saya kira (luasan banjir) di Kota Jayapura juga hampir semua terdampak, sehingga kita (dari paguyuban) harus mendahului. Sambil kita berharap, pemerintah selanjutnya bisa memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat dari bencana banjir dan longsor kali ini,” ujar Haji Mansur melengkapi.

“Ini juga yang menjadi salah satu resolusi KKSS di Tahun 2022 ini, KKSS sebagai paguyuban warga asal Sulawesi Selatan sudah seharusnya melayani warganya, bukan sebaliknya,” pungkas Haji Mansur.

Setelah menyerahkan bantuan logistik di Dapur Umum dan Posko DPP KKMB-KKPB Papua, selanjutnya Ketua BPW KKSS Papua Haji Mansur didampingi Ketua DPP KKMB Papua H. Muhammad Darwis Massie, beserta pengurus BPW KKSS Papua, IWSS dan Ikami SulSel Papua serta pengurus DPP KKMB-KKPB Papua meninjau langsung lokasi banjir di Belakang Pasar Youtefa Kotaraja. Haji Mansur dan Darwis Massie mendatangi langsung membagikan makanan siap santap (nasi bungkus) dan berinteraksi dengan beberapa keluarga yang rumahnya terendam banjir.

Saat ini di Kota Jayapura sudah berdiri Dapur Umum dan Posko Bantuan Korban Banjir dan Tanah Longor Jayapura yang diprakarsai oleh pilar KKSS yang ada di wilayah Kota Jayapura, yaitu, Dapur Umum Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone-Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKMB-KKPB) Papua dan Dapur Umum Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kota Jayapura.

Untuk diketahui, hujan lebat yang terjadi sejak Kamis (6/1/2022) malam hingga Jumat (7/1/2022) pagi selain mengakibatkan banjir di beberapa lokasi, juga menyebabkan bencana alam tanah longsor di empat titik di Kota Jayapura.

Masing-masing di Nirwana Angkasa, Bhayangkara I, APO dan Kloofkamp, yang menimbulkan korban jiwa sebanyak 7 orang meninggal dunia. (RZR)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bahas Masalah Tanah Pelabuhan Petikemas Depapre, Bupati Dialog Dengan Masyarakat Adat

22 January 2022 - 11:20 WIB

Tahun 2021 Kabupaten Jayapura Menangani 35 Anak Korban Kekerasan Seksual

22 January 2022 - 07:39 WIB

Pertama di Keerom, Sekolah Unggulan YPK Akan Segera di Bangun di Arso Timur

21 January 2022 - 07:53 WIB

Merasa Kecewa, Puluhan Warga Kampung Bibiosi Palang Lapas Perempuan dan Anak Kelas II Jayapura

21 January 2022 - 00:02 WIB

Merasa Kecewa,Puluhan Warga Kampung Bibiosi Palang Lapas Kelas ll Jayapura

20 January 2022 - 21:19 WIB

Partai NasDem Peduli Korban Banjir Jayapura Bagikan 2000 Kasur Kepada Warga Terdampak

20 January 2022 - 16:30 WIB

Trending di Papua