Menu

Mode Gelap
SMP Negeri 1 karanganyar “Hijau Sekolahku, Indah Tamanku, Sehat Tubuhku dan Jernih Pikiranku” Pengaruh Motivasi Terhadap Perkembangan Peserta Didik Babhin Lemahwungkuk Polres Ciko, edukasi pelajar dalam kelas Inovasi binmas Jamblang Bhabin Babadan Polsek Gunung Jati Polres Ciko Sampaikan Prokes 5m Covid 19 kepada warga Melalui Inovasi jamblang Kanit Binmas Polsek KPC Polres Ciko Ajak Harkamtibmas warga

Daerah · 14 Jan 2022 21:21 WIB ·

Musim Penghujan, Waspadai Demam Berdarah Dengue ( DBD )


 Musim Penghujan, Waspadai Demam Berdarah Dengue ( DBD ) Perbesar

JOURNALNEWS. ID-CIANJUR – Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular, atau sekarang ini menjadi Japung Epidemiologi Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Rostiani Dewi mengatakan, per bulan Januari 2022 ada 14 orang yang dinyatakan positif DBD dan satu diantaranya meninggal dunia.

Rostiani mengatakan, jika dihitung pada tahun sebelumnya yakni tahun 2021 angka kasus Demam berdarah dengue (DBD) di Cianjur mengalami penurunan, namun angka kematian cukup tinggi.

“Per bulan Januari 2022 ini, sudah ada 14 orang yang dinyatakan positif DBD satu diantaranya meninggal dunia,” kata Rostiana saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Kamis (13/1/2022).

Dikatakan Rostiana, dimusim pancaroba atau perubahan cuaca di awal tahun dan akhir tahun memang selalu meningkat angka kasus DBD.

“Sebenarnya jika dimusim pancaroba ini, kasus DBD itu selalu ada,” katanya.

Untuk penanganan dari pemerintah lanjut Rostiana, sudah membuat surat edaran dari bupati melalui Dinas Kesehatan ke masing-masing Puskesmas se Kabupaten Cianjur.

“Salah satunya ada gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan memaksimalkan 3M plus yakni menguras, mengubur, menutup dan merapihkan boto bekas,” jelasnya.

Rostiana mengatakan, pada saat ada kasus disuatu daerah tim kesehatan akan langsung turun kelapangan dan melakukan untuk mengecek epidemiologi.

“Selanjutnya akan dilakukan pengasapan atau fogging, tentunya harus dibarengi dengan PSN agar lebih efektif,” ungkapnya.

Jika hanya dilakukan fogging lanjut Rostiana, hanya akan memberantas nyamuk dewasa sedangkan untuk jentik harus lebih ekstra yakni melakukan bersih-bersih, dan penaburan abate di setiap genangan air yang tidak mengalir baik itu di bak mandi atau saluran air yang tidak jalan.

“Masyarakat yang ingi mendapatkan abate secara gratis bisa langsung mengajukan ke masing-masing Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Rostiana mengatakan, untuk wilayah rawan penyebaran nyamuk DBD ada tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Cianjur Kota, Karangtengah, dan Kecamatan Cilaku.

“Yang paling menonjol angka kasus DBD itu sebenarnya ada di Cianjur Kota, kenapa?, karena daerah padat penduduk. Selain itu juga minimnya kesadaran untuk membersihkan dan menjaga lingkungan dari genangan air yang menimbulkan perkembangbiakan nyamuk DBD,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengatakan, angka kasus DBD di Cianjur saat ini cenderung meningkat dalan satu bulan terakhir.

Irvan mengatakan, hal tersebut terjadi lantaran Cuaca tidak menentu atau berada di wilayah endemi atau karakter wilayah tertentu.

“Perlu diketahui, bahwa Cianjur ini memiliki wilayah yang karakternya tertentu, sehingga degan munculnya angka kasus DBD saat ini kembali meningkat merupakan hal yang wajar,” kata Irvan.

Irvan mengaku bahwa angka kasus DBD sesuai dengan laporan yang masuk terus mengalami peningkatan.

Laporan : Andri

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SMP Negeri 1 karanganyar “Hijau Sekolahku, Indah Tamanku, Sehat Tubuhku dan Jernih Pikiranku”

25 January 2022 - 18:07 WIB

Babhin Lemahwungkuk Polres Ciko, edukasi pelajar dalam kelas

25 January 2022 - 17:07 WIB

Inovasi binmas Jamblang Bhabin Babadan Polsek Gunung Jati Polres Ciko Sampaikan Prokes 5m Covid 19 kepada warga

25 January 2022 - 17:03 WIB

Melalui Inovasi jamblang Kanit Binmas Polsek KPC Polres Ciko Ajak Harkamtibmas warga

25 January 2022 - 16:15 WIB

Inovasi Jamblang Bhabinkamtibmas Tuk Polsek Kedawung Polres Ciko, himbau warga Prokes covid 19 di masa Pandemi

25 January 2022 - 16:13 WIB

Jalin Korkom Bhabin Sura kulon Polsek Kapetakan Polres Ciko Inovasi jamblang Sampaikan pesan Kamtibmas kepada warga

25 January 2022 - 16:10 WIB

Trending di Daerah