Menu

Mode Gelap
PTBA Turut Sukseskan Pemilihan Bujang Gadis Serasan 2022 Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Sekaligus Membuka Kegiatan Tasyakuran Milad ‘Aisyiyah Ke 105 Mendengar Keluhan Warga Wabup Cirebon Bergegas Turun Ke Lapangan Berikan Bantuan Kursi Roda Dan Sembako. Bupati Lahat Buka Rapat Paripurna DPRD DPD Pemuda Saireri Keerom Siap Gelar Rakerda Untuk Rumuskan Program Kerja

Headline · 29 Jun 2021 21:18 WIB ·

Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah dijatuhi hukuman penjara


 Jacob Zuma mengundurkan diri dari kursi kepresidenan pada Februari 2018 Perbesar

Jacob Zuma mengundurkan diri dari kursi kepresidenan pada Februari 2018

JOURNAL NEWS – Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah dijatuhi hukuman 15 bulan penjara oleh pengadilan tertinggi negara itu.

Dia diberi waktu lima hari untuk menyerahkan diri ke polisi. Jika tidak, menteri kepolisian harus memerintahkan penangkapannya.

Hukuman itu dijatuhkan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan dia bersalah atas penghinaan karena menentang perintahnya untuk hadir dalam penyelidikan korupsi saat dia menjadi presiden.

Masa kekuasaan Zuma, yang berakhir pada 2018, dirundung tuduhan korupsi.

Pengusaha dituduh berkonspirasi dengan politisi untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan, seperti dilanisir BBC Selasa, 29/06.

Mantan presiden itu muncul satu kali dalam penyelidikan atas apa yang dikenal sebagai “penangkapan negara” tetapi kemudian menolak untuk muncul kemudian.

Penyelidikan – dipimpin oleh Hakim Raymond Zondo – meminta Mahkamah Konstitusi untuk campur tangan.

Penjabat Ketua Hakim Sisi Khampepe memberatkan putusannya. Zuma menolak untuk datang ke pengadilan untuk menjelaskan tindakannya, katanya, dan dia “memilih untuk membuat pernyataan yang provokatif, tidak pantas, dan menghina yang merupakan upaya yang diperhitungkan untuk meragukan integritas peradilan.

“Saya tidak punya pilihan selain menjebloskan Tuan Zuma ke penjara, dengan harapan bahwa hal itu mengirimkan pesan tegas … supremasi hukum dan administrasi keadilan berlaku.”

Mantan presiden itu tidak hadir di pengadilan untuk mendengarkan keputusan mayoritas dan telah berulang kali menyatakan bahwa dia adalah korban dari konspirasi politik raksasa.

Dalam masalah hukum terpisah, Zuma mengaku tidak bersalah bulan lalu dalam persidangan korupsi yang melibatkan kesepakatan senjata senilai $5 miliar (£3bn) dari tahun 1990-an.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sekjen Kemendagri Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas ke-114 di Lingkungan Kemendagri

20 May 2022 - 17:41 WIB

Tok! Jokowi Izinkan Warga Tak Pakai Masker di Luar Ruangan

18 May 2022 - 17:54 WIB

Pakar Politik AS : Magnet Ketua GOP Donald Trump masih Kuat

9 May 2022 - 19:09 WIB

Indonesia Galang Dukungan untuk Palestina Melalui Pertemuan Luar Biasa OKI

28 April 2022 - 04:20 WIB

Open-Ended Meeting of the Executive Committee at the Level of Permanent Representative membahas eskalasi konflik Israel-Palestina

28 April 2022 - 04:08 WIB

Razia Gabungan di Lapas Indramayu, Ini yang ditemukan

22 April 2022 - 08:15 WIB

Trending di Daerah