Kurangnya Trasparansi, Anggaran DAK SMP2 Mande Jadi Ajang Manfaat

  • Share

CIANJUR, JOURNAL NEWS //- Pembangunan SMPN 2 Mande Kabupaten Cianjur di duga banyak yang tidak di ketahui publik, dari mulai anggaran hingga pembangunanya.

Di papan anggaran tertuliskan bahwa pelaksanaan pembangunan adalah rehabilitas ruang komputer, tapi setelah di kroscek oleh awak media melalui investigasi ternyata anggaran tersebut untuk pembangunan gedung sekolah SMPN 2 mande tahun anggaran APBD 2021 dengan biaya anggaran hampir mendekati nilai 1 M, jadi pembangunan rehabilitas ruang komputer di duga tidak sesuai dengan apa yang di anggarkan oleh negara untuk pembangunan SMPN 2 mande.

Kuat dugaan akibat kurangnya ketransparanan pihak sekolah kepada publik, banyak yang menilai atas pekerjaan rehab ruang komputer dengan pembangunan renovasi ruang lainya.

Menanggapi pembangunan SMPN 2 mande, pihak kepala sekolah tidak mengetahui perihal anggaran untuk pembangunan sekolah, padahal sekolah tujuan utama sebagai penerima manpaat, kenapa yah, kok bisa enggak tau anggaran?

Anggaran yang di keluarkan oleh pemerintah dari APBN untuk program Sekolah melalui dinas pendidikan DAK, kini menjadi siluman, sampai sampai kepala sekolah pun tidak mengetahuinya, perihal ini pun hasil daripada wawancara awak media dengan kepala sekolah SMP 2 mande di ruang kerjanya.

Menanggapi adanya pelanggaran kurangnya keterbukaan informasi publik, maka pihak sekolah sudah melanggar undang undang KIP No 14 tahun 2018.

Dengan kurangnya keterbukaan informasi maka semakin kuat dugaan adanya kongkolingkong antara kepala sekolah dan pemborong.

Laporan: Rafli H

Baca Juga  Diduga DD Desa Tulung Balak Bermasalah, pihak terkait diminta Segera lakukan pemeriksaan.
  • Share