KPU kabupaten cirebon adakan sosialisasi pemutahiran data pemilih

  • Share

Cirebon //- Sosialisasi pemutahiran data pemilih sangatlah penting untuk di lakukan KPU karena untuk mencocokan data yang di pakai di tahun 2019 dengan data yang baru.,acara tersebut bertempat di balai desa pegagan lor,kecamatan kapetakan ,kabupaten cirebon,jawa barat. Kamis(16/09/2021).

Acara sosialisasi pemutahiran data tersebut di hadiri oleh kuwu desa pegagan lor”Dra. Hj. II Faryani” Camat kapetakan, anggota KPU kabupaten cirebon,dan para Rt dan Rw desa pegagan lor.

Sopidi anggota Kpu kabupaten cirebon mengatakan bahwa tujuan dan maksud sosialisasi pemutahiran data pemilih berkelanjutan tahun 2019 untuk kepentingan pemilu 2024 ,data tersebut sudah di pakai pada tahun 2019 lalu, sehingga data tersebut perlu di perbaharui dan di perbaiki.

“Maksud pemutahiran data pemilih adalah untuk menghasilkan data yang valid dan data yang konprenhensip dan bisa di percaya oleh masyarakat sehingga data tersebut bisa di gunakan di pemilu 2024 dan bisa juga data tersebut untuk pemilihan kepala daerah ,”tegas Sopidi.

Dari aspek politik kalau datanya valid dan rasional serta bisa di percaya masyarakat maka kepercayaan pemimpin yang di hasilkan dari proses pimilu juga legitimasinya besar,begitu juga dari aspek ekonomi kalau data pemilihnya valid maka secara ekonomi menjadi episien dan efektif,”lanjut Sopidi.

” Teknisnya warga masyarakat yang sudah punyak hak memilih perlu untuk mengecek apaka sudah terdaptar atau belum,kalau sudah tinggal mengajak yang lainya untuk mengecek,dan yang anggota keluarganya ada yang meninggal dan seterusnya bisa melaporkan ke Rt dan Rw maupun ke kantor capil,”tukasnya.

Kami berharap kita bersama masyarakat bergerak secara bersama-sama yaitu dalam rangka untuk mewujudkan data pemilih yang valid,konprehensif dan bisa di percaya sehingga tujuan politik dan ekonomi bisa terpenuhi,”harap Sopidi angota KPU kepada wartawan.

Baca Juga  Sinergitas TNI- POLRI. tanpa lelah bagikan masker gratis warga desa kalikoa

” Sudah 20 kecamatan dan desa yang mendapatkan sosialisasi pemutahiran data pemilih berkelanjutan 2021,dari KPU kabupaten cirebon ,” pungkasnya.

Sementara itu, kuwu desa pegagan lor ” Dra. Hj. II Faryani ” mengatakan kami sangat mendukung dengan adanya sosialisasi pemutahiran data pemilih berkelanjutan yang di adakan KPU kabupaten cirebon ini.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih pada Rt dan Rw yang sudah hadir datang untuk mengikuti acara sosialisasi pemutahiran data pemilih yang di adakan KPU kabupaten cirebon,”ungkapnya.

Kami juga mengucapkan terima kasih pada anggota KPU yang sudah memberikan pemahaman dan pengarahan pada Rt dan Rw di desa pegagan lor terkait pemutahiran data pemilih,”tutupnya.

Laporan: Sana

  • Share