Menu

Mode Gelap
Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA, Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman. Webinar P3S dengan tema “Rizal Ramli Capres Potensial Pilihan Rakyat” via Zoom Meeting yang Atlet Wadokai Kabupaten Keerom Raih Juara III Umum Wadokai Day Karate Open Tournament 2022 Sulsel Kades Ciherang, gelar pengajian untuk warganya, Pesawat AMA Jenis PK-RCQ, Menggalami Kecelakaan Di Distrik Senggi, Kab. Keerom

Internasional · 21 Aug 2021 23:25 WIB ·

KJRI Jeddah Ajak Pengusaha Indonesia Bidik Potensi Pasar Arab Saudi


 KJRI Jeddah Ajak Pengusaha Indonesia Bidik Potensi Pasar Arab Saudi Perbesar

JEDDAH—Masa pandemi Covid-19 tak mengurangi semangat Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah menyambut Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Melalui Tim Promosi Ekonomi Terpadu (Prometer), KJRI Jeddah berkolaborasi dengan sejumlah pengelola toko (baqalah) yang menjual produk-produk Indonesia dan rumah makan Indonesia, melakukan pemasangan pernak-pernik dan aksesoris, antara lain banner mini berwarna merah-putih bertuliskan “Digahayu Republik Indonesia ke-76” dalam bahasa Indonesia dan Arab yang digantung di plafon.

KJRI Jeddah memandang toko-toko dan rumah-rumah makan Indonesia di Arab Saudi merupakan pahlawan yang turut berjasa memperjuangkan peningkatan perekonomian Indonesia melalui pemasaran produk-produk asal Indonesia di pasar Arab Saudi.

Oleh karena itu, Tim Prometer dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono mengunjungi toko-toko dan restoran-restoran yang tersebar di Kota Jeddah untuk memberikan semangat dan dukungan penuh terhadap usaha mereka di Arab Saudi memasarkan dan menyerap produk Indonesia.

Dalam kunjungan yang berlangsung Senin (16/8/2021), Konjen RI Jeddah didampingi oleh Pelaksana Fungsi Ekonomi-1 dan 2, Dr. Windratmo dan Dr. Ahmad Syofian.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap para pemilik toko dan restoran Indonesia, Konjen RI didampingi Tim Prometer KJRI Jeddah menyerahkan cenderamata berupa kaos berlogo “Dirgahayu Republik Indonesia ke-76, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Konjen RI dan Tim Prometer memanfaatkan kunjungan tersebut untuk menggali informasi seputar kinerja penjualan selama masa pandemi, kendala dan tantangan yang dihadapi mereka, produk-produk Indonesia yang banyak diminati di Arab Saudi, suplai dan pemasaran, termasuk tren permintaan pasar Arab Saudi terhadap produk-produk Indonesia yang belum masuk ke Arab Saudi.

Kabar baik disampaikan oleh pengelola salah satu rumah makan Indonesia di Jeddah. Kepada Konjen RI Jeddah, Manager Store RM Kampung Melayu, Eko Sutrisno menyampaikan bahwa seiring dengan menurunnya angka kasus Covid-19 dan pelonggaran pergerakan orang oleh Pemerintah Arab Saudi, jumlah kunjungan pelanggan mengalami peningkatan.

Konjen RI Jeddah menyatakan, KJRI Jeddah berkomitmen mendukung upaya pemulihan dan peningkatan usaha dari para pemilik baqalah dan rumah makan Indonesia. Konjen juga memberikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam berikhtiar sesulit apapun situasi yang dihadapi.

Dukungan dan motivasi itu sangat diperlukan di tengah kelesuan perekonomian karena terbatasnya aktivitas perdagangan akibat pandemi, khususnya di Indonesia dan Arab Saudi.

Para memilik toko dan pengelola rumah makan optimis, dengan dukungan KJRI Jeddah melalui Tim Prometer, suplai produk-produk Indonesia yang mereka butuhkan kian mudah diperoleh. (Ahmad Didik)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Warung Indonesia Dekatkan Produk Indonesia dan Jajanan Tradisional dengan Jemaah Haji di Mekkah

25 June 2022 - 05:59 WIB

Indonesia Galang Dukungan untuk Palestina Melalui Pertemuan Luar Biasa OKI

28 April 2022 - 04:20 WIB

Open-Ended Meeting of the Executive Committee at the Level of Permanent Representative membahas eskalasi konflik Israel-Palestina

28 April 2022 - 04:08 WIB

KJRI Jeddah Kembali Selamatkan Uang PMI Senilai Rp523 Juta                                                              

17 March 2022 - 19:31 WIB

KJRIJeddah Selamatkan Gaji 3 PMI Senilai Rp579,7 Juta di Yandu Khamis Musheit

15 February 2022 - 20:21 WIB

Sambut Hari Bhakti Imigrasi ke-72, Konjen RI Jeddah Ajak Staf Tingkatkan Integritas Diri 

27 January 2022 - 06:17 WIB

Trending di Internasional