Kekayaan Hasil Korupsi, KPK Akan Telusuri Harta Milik Budhi Sarwono

  • Share

JOURNALNEWS //- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menelusuri seluruh harta kekayaan milik Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono. Diduga, ada harta kekayaan hasil tindak pidana korupsi yang disembunyikan oleh Budhi Sarwono.

Dugaan itu muncul karena laporan harta kekayaan yang disetorkan Budhi ke KPK tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Salah satunya, kepemilikan mobil jenis Rubicon yang pernah dipamerkan Budhi Sarwono. Di mana, mobil mewah tersebut tidak tercatat di LHKPN Budhi Sarwono.

“Kami pastikan segala informasi yang kami terima akan di konfirmasi baik kepada para saksi-saksi maupun tersangka. Termasuk tentu soal harta kekayaan yang dimiliki tersangka,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (9/9/2021).

Menurut Ali, penelusuran harta kekayaan tersangka kasus korupsi, umum dilakukan KPK. Hal itu dilakukan untuk mencari harta lain yang diduga dibeli dari hasil korupsi. Harta lain itu, biasanya tidak masuk dalam LHKPN. KPK terbuka peluang untuk menjerat Budhi Sarwono dengan pasal lainnya, jika ditemukan kecukupan alat bukti.

Tentu akan kami telusuri dan dalami lebih lanjut hubungannya (mobil tersebut) dengan tersangka. Penerapan pasal lain dimungkinkan sepanjang ada kecukupan bukti,” ujar Ali.

Budhi diketahui punya kekayaan mencapai Rp23,8 miliar. Kekayaannya Budhi diketahui dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) periode 2020 miliknya.

Dalam catatan LHKPN, Budhi hanya memiliki rumah dan tanah. Rumahnya berada di Banjarnegara, yang ditaksir senilai Rp1,15 miliar. Sementara itu, tanah miliknya seluas 671 meter persegi di Banjarnegara. Tanah Budhi ditaksir mempunyai harga Rp132 juta.

Budhi tidak tercatat mempunyai kendaraan. Namun, dia mempunyai harta bergerak senilai Rp54,2 juta. Budhi juga tercatat mempunyai surat berharga senilai Rp10,82 miliar. Lalu, dia mempunyai kas dan setara kas senilai Rp11,63 miliar. (Red)

Baca Juga  Boy Rafli Munir Bertekad Bawa Partai UKM DPW DKI Jakarta Jadi Terdepan!
  • Share