Kadinsos Tuba Rakor Dalam Rangka Pemuktahiran Data

  • Share

Tulang Bawang, journalnews.id //
Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang melakukan Rapat Kordinasi (Rakor) dengan SDM Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Sekabupaten Tulang Bawang dalam rangka Pemutakhiran Data, Pencairan Bantuan Sosial (Bansos) PKH, dan Pelaporan Pelaksanan PKH secara virtual di Kantor Dinas sosial Kabupaten setempat.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosial I Nyoman Sutamawan, S.E., M.M didampingi Sekretaris Binhar MS, S.E, Kabid Linjamsos I Made Putra Susana, S.Ag, dan Kasi Perlindungan Jaminan Sosial Keluarga, Diah Kesuma Asih, S.E., M.M. yang diikuti Koordinator PKH Kabupaten Tulang Bawang, 2 orang Administrator Pangkalan Data, dan 66 Pendamping Sosial PKH Kecamatan se-Kabupaten Tulang Bawang.

Pada Rakor tersebut,Kepala Dinas Sosial I Nyoman menjelaskan yang mana SDM Pelaksana PKH tidak dapat melakukan pemutakhiran data KPM PKH melalui aplikasi e-PKH sehingga proses pemutakhiran data dilakukan melalui Aplikasi SIKS-NG yang dikelola oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di setiap desa. ujar Nyoman.

Berkaitan lanjut Nyoman, dengan akuntabilitas dan transparansi dalam penyaluran Bansos PKH, maka proses pencairan Bansos PKH harus dilakukan secara mandiri oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Ungkapnya.

Nyoman menambahkan, hal ini untuk memudahkan proses Pelaporan Pelaksanaan PKH, maka dibuat sebuah inovasi Sistem Informasi Laporan Bulanan (SILABU), yaitu sistem pelaporan berbasis digital.pungkasnya.

Laporan : Sarpudin

  • Share