GOTONG ROYONG MERUBAH WAJAH DESA JAMBERAMA

  • Share

JOURNALNEWS.ID – Jamberama merupakan salah satu desa yang berada di rangkaian pegunungan di wilayah Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Desa Jamberama letaknya sangat jauh dari keramaian yang terdiri dua dusun atau kampung, yakni Dusun Cilimus dan Dusun Surian. Dusun Surian salah satunya merupakan dusun terpencil yang letaknya ±4 Km dari ibu kota Desa Jamberama.

Meski berada di tempat terpencil, Desa Jamberama termasuk desa padat penduduk. Dusun Surian terdiri dari 256 Kk / 803 jiwa, dan Dusun Cilimus terdiri dari 298 Kk / 916 jiwa. Rata rata aktifitas kehidupan masyarakatnya yaitu bertani dan berkebun. Hasil perkebunan yang sangat menonjol adalah kopi dan pertanian padi. Selama ini, warga terkendala dengan kondisi infrastruktur jalan desa yang rusak parah. Jalanan yang membelah bukit dipenuhi dengan batu, sehingga menghambat aktifitas warga. Banyak warga yang sering mengalami kecelakaan.

Hadirnya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021 di Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan ini, memberikan semangat kepada seluruh warga Desa Selajambe. Mereka sangat berterima kasih dengan dibangunnya jalan yang menghubungkan Dusun Surian ke ibu kota desa Jamberama, sehingga dalam urusan ke desa, membawa hasil pertanian atau hasil perkebunan sangat mudah dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

  • Share