Menu

Mode Gelap
PTBA Turut Sukseskan Pemilihan Bujang Gadis Serasan 2022 Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Sekaligus Membuka Kegiatan Tasyakuran Milad ‘Aisyiyah Ke 105 Mendengar Keluhan Warga Wabup Cirebon Bergegas Turun Ke Lapangan Berikan Bantuan Kursi Roda Dan Sembako. Bupati Lahat Buka Rapat Paripurna DPRD DPD Pemuda Saireri Keerom Siap Gelar Rakerda Untuk Rumuskan Program Kerja

Berita Pilihan · 13 Jul 2021 11:26 WIB ·

DPMK Gayo Lues Gelar Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan BUMDes dan Lembaga Kerjasama Antardesa


 DPMK Gayo Lues Gelar Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan BUMDes dan Lembaga Kerjasama Antardesa Perbesar

GAYO LUES – DPMK Gayo Lues bersama PERKOFIMDA dan Inspektorat fasilitasi pengembangan dan pertumbuhan perekonomian kampung melalui pengadaan pembinaan dan pemberdayaan badan usaha milik Desa (BUMDES) dan lembaga kerja sama antar Desa , Senin (12/07/2021).

Berdasarkan PP Nomor 11 Tahun 2021 yang mengatur pembentukan dan fungsi BUMK, Kepala DPMK Gayo Lues, Sartika Maya Sari, SSTP, MA mengadakan pembinaan untuk pengurus Desa tentang pengelolaan dana Desa untuk BUMDes. Hal ini dimaksudkan sebagai wadah bagi para pengurus Desa dalam mengevaluasi Desanya, mulai dari mengobservasi potensi yang dimiliki Desa sampai teknik pengembangan dan pengelolaan potensi Desanya masing-masing.

Kepala DPMK Gayo Lues, Sartika Maya Sari, SSTP, MA mengatakan, sampai saat ini Gayo Lues sudah 6 Desa yang terdaftar memiliki BUMdes dengan pengelolaan dan manajemen yang baik, diantaranya adalah Desa kendawi dengan usaha perternakannya yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain memfasilitasi pembinaan BUMdes, DPMK Gayo Lues juga melakukan pengawasan untuk target pasar usaha Desa . Sartika mengaku bahwa saat ini kegiatan difokukan pada BUMdes dengan pendekatan pemanfaatan SDA dan SDM yang dimiliki Desa . Dengan memfokuskan pada pengelolaan sumber daya yang ada, dapat membuka lebih banyak lapangan usaha dan penglibatan lebih banyak tenaga kerja, sehingga partisipasi masyarakat Desa lebih dilibatkan, sebutnya.

“Setiap kepala Desa yang telah difungsikan sebagai pengawas BUMdes, diharapkan dapat mengoptimalkan usahanya, dengan ketentuan pengalokasian dana Desa 20% untuk BUMDes sudah cukup untuk pengadaan BUMDes, selanjutnya tergantung kepiawaian pemerintah Desa dalam managemen usaha Desa nya masing-masing” ujar Kepala DPMK Gayo Lues.

Ditemui diacara pembukaan pembinaan BUMDES, Kepala Dinas DPMK Gayo Lues, Sartika Maya Sari mengaku optimis setiap Desa mampu membentuk BUMDES -nya masing-masing. Namun, sebagai langkah awal, saat ini Pemkab mengacukan pengadaan badan usaha per-kecamatan yang nanti diharapkan dapat memicu pertumbuhan usaha lainnya

Laporan: Jal

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

QR Polsek Kedawung Polres Ciko Polda Jabar , sambang Patroli , monitoring Kamtibmas di masa PPKM Level 1

19 May 2022 - 16:59 WIB

Himbau Kamtibmas Bhabin Kasepuhan Polsek Lemahwungkuk Polres Ciko sambang warga

18 May 2022 - 15:16 WIB

QR Polsek Gunung Jati Polres Ciko Polda Jabar , Patroli dialogis , monitoring Kamtibmas area publik

5 May 2022 - 18:32 WIB

174 CPNS FORMASI TAHUN 2021 DILINGKUNGAN PEMKAB.LAHAT DIKUKUHKAN SECARA LANGSUNG BUPATI CU

28 April 2022 - 03:54 WIB

Monitoring Kamtibmas wilayah binaan , Bahbin Kertasura Polsek Kapetakan Polres Ciko sambangi Obyek Vital

27 April 2022 - 16:25 WIB

Peduli kesehatan Bhabinkamtibmas Kesenden Polsek Utbar Polres Ciko, ajak warga patuhi prokes

27 April 2022 - 16:08 WIB

Trending di Berita Pilihan