Diduga Ada “Persekongkolan” Tender, SPI Minta Aparat Periksa Kepala UKPBJ Samosir

  • Share

Samosir,Journal news.id| Pelaksanaan paket-paket pekerjaan pada lelang Tahun Anggaran 2021 di Pemerintah Kabupaten Samosir yang dilaksanakan oleh  Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) mendapatkan perhatian dari Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Suara Pemuda Indonesia (SPI) Torang Panggabean dikarenakan “asal” memenangkan penyedia jasa.

Dalam siaran pers yang diterima pada, Kamis (2/9/2021), SPI menilai paket pekerjaan di Kabupaten Samosir menjadi lahan “primadona” bagi para kontraktor dikarenakan hampir seluruh perusahaan pemenang tender pada pekerjaan Tahun Anggaran 2021 ini menang dengan posisi penawaran mendekati dengan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) yang dibuat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) maupun yang dibuat Kuasa Penerima Anggaran (KPA) dengan persentasi 98,40 persen hingga 98,85 persen dari HPS.

“Bagi perusahaan kontraktor yang dimenangkan Pokja Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2021 ini, kami melihat sedang mendapat “rezeki”, apalagi hasil pantauan kami para kontraktor yang menang mempunyai andil sebagai team sukses pada saat Pilkada lalu,” kata Panggabean.

Salah satu contoh kecil diakuinya yakni pada rehabilitasi gedung sekolah SD Negeri 21 Parbaba Dolok, dengan penawaran 98,85 persen dari HPS. Lalu, pekerjaan rekonstruksi jalan Pangasean menuju Sitamiang Kecamatan Onan Runggu dengan Penawaran 97,30 persen dari HPS. Dan, pekerjaan rehabilitasi ruang kelas  SMP Negeri 1 Simanindo dengan Penawaran 97,84 persen dari HPS.

Lalu, pekerjaan rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang SD Negeri 1 SIPIRA menang dengan penawaran 99.10 persen dari HPS. Pekerjaan lanjutan rekonstruksi jalan simpang jalan nasional jembatan Sihapilis ke simpang jalan nasional Tanjungan Kecamatan Nainggolan dengan sumber biaya DAK dengan Penawaran 98,07 persen dari HPS.

Tidak itu saja, Torang mengurai paket rehabilitasi Kantor Kejaksaan Negeri Pangururan dengan Penawaran 98,00 persen dari HPS dan paket pekerjaan pembangunan gedung tambahan Polres Samosir 98.70 persen dari HPS.

“Yang pasti kami menyayangkan sikap kinerja Pokja Kabupaten Samosir yang kami nilai tidak profesional dan tidak independen, sebab kami menduga ada persekongkolan dan bagi aparat penegak hukum terkait harus segera memanggil dan memeriksa seluruh petugas Pokja Kabupaten Samosir agar melakukan pemeriksaan terhadap seluruh dokumen dokumen perusahaan yang dimenangkan dan juga memeriksa seluruh perusahaan-perusahaan yang mengikuti proses tender yang sengaja dikalahkan oleh Pokja,” tambahnya.

Torang juga mengaku, setelah melihat data-data yang dihimpun apabila ada  perusahaan yang membuat penawaran dibawah 88 persen bahkan 85 persen dari HPS tim Pokja Kabupaten Samosir terkesan mencari-cari kekurangan perusahaan tersebut agar ada alasan untuk mengalahkan supaya gagal jadi pemenang.

“Saat ini kami telah menyiapkan berbagai bukti dan data data, sebab kami menilai Pokja Kabupaten Samosir tidak memahami Pasal I angka 1 Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Firma (CV), dan Persekutuan Perdata (Permenkumham 17/2018), sehingga tidak asal memenangkan dan meluluskan perusahan CV atau PT menjadi pemenang tender. Dan,  kami  berharap data ini bisa sebagai bukti dan syarat awal untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan,” tegas Torang.

Tidak itu saja, lembaga yang dipimpinnya juga telah berkoordinasi menyiapkan dan melaporkan seluruh kasus tersebut ke Kejaksaan Agung RI dan ke KPK.

“Jika aparat penegak hukum di Kabupaten Samosir dan Sumatera Utara tidak mampu melakukan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, kami akan meneruskan ke Kejaksaan Agung RI dan KPK,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Samosir, Gorman Sagala saat dikonfirmasi menyatakan, pihaknya telah melakukan segala proses pekerjaan dengan aturan dan peraturan yang berlaku.

“Pengadaan barang dan jasa yang kami laksanakan sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” katanya

(Ton’s)

  • Share