Menu

Mode Gelap
Webinar P3S dengan tema “Rizal Ramli Capres Potensial Pilihan Rakyat” via Zoom Meeting yang Atlet Wadokai Kabupaten Keerom Raih Juara III Umum Wadokai Day Karate Open Tournament 2022 Sulsel Kades Ciherang, gelar pengajian untuk warganya, Pesawat AMA Jenis PK-RCQ, Menggalami Kecelakaan Di Distrik Senggi, Kab. Keerom Himbau Kamtibmas Bhabinkamtibmas Kesambi Polsek Kesambi Polres Ciko Sambangi warga

Aceh · 26 Jan 2022 21:52 WIB ·

Dialog Silaturahmi FORBES, Tim Rises DPR-Aceh, Bersama Tokoh Masyarakat  Aceh Utara ; Butuhnya Pembangunan Imprastruktur Pasca Dilanda Banjir.


 Dialog Silaturahmi FORBES, Tim Rises DPR-Aceh, Bersama Tokoh Masyarakat  Aceh Utara ; Butuhnya Pembangunan Imprastruktur Pasca Dilanda Banjir. Perbesar

Aceh Utara – Silaturahmi Forum Bersama ( FORBES) DPRA DAPIL V Aceh Utara, bersama tokoh masyarakat di 18 Kecamatan terdampak banjir. Dalam Rangka Rises satu Tahun Anggaran 2022. Guna melakukan mufakat dan musyawarah untuk Aceh Utara sejahtera. Yang diadakan di Aula Kantor Bipati Aceh Utara. Rabu, (26/01/2022).

Pada Acara pertemuan tersebut di jamu oleh Fauzi Yusuf lebih akrap disapa (sidom peng) selaku Wakil Bupati Aceh Utara, dan turut hadir Anggota DPRA Dapil V, Ketua FORMABES, Tarmizi Panyang, Wakil Ketua, Tgk. Mawardi (tgk. Adek), Ismail A. Jalil (Ayah Wa),  Saiful Bahri (Pon Yahya), Drh. Mukthar Daud, Fahrurrazi H. Cut ( F. Rozi),  Tantowi, S. Ip, H. Ridwan Yunus SH.

Fauzi Yusuf (sidom peng) selaku Wakil Bupati Aceh Utara menyampaikan pesan kepada tokoh yang hadir, untuk dapat berdiskusi secara alot dalam forum. Intinya, “kita diskusikan untuk kemajuan Aceh Utara, Pasca terjadi banjir di Aceh Utara. Tambahnya Sidom Peng.

“kita akan melakukan pengontrolan secara maksimal pengaruh banjir yang melanda, mulai dari hulu sampai kehilir sungai.”

“Selama ini air sungai dari hulu ke hilir sudah tidak terkontrol lagi. Kita berharap masukan dari seluruh tokoh yang hadir pada acara ini, agar semua keluahan dapat kita selesaikan dengan bijak.” Ungkapnya.

Tokoh masyarakat berharap permasalahan banjir dan kerugian harta benda yang derita masyarakat selama ini dapat menjadi bahan untuk rises DPRA agar dapat bahas di propinsi oleh Anggota DPRA Dapil 5. Supaya Masyarakat Aceh Utara kedepan lebih sejahtra.

Tgk. Ismail, selaku imum mukim di Kecamatan Pirak timu, mengutarakan  Aspirasi Masyarakat Pirak Timu.

Kata Tgk. Ismail, “Saban tahun kami masyarakat di Pirak Timu mengalami kebanjiran. Bisa di katakan untuk Kecamatan Pirak Timu, dalam setahun mencapai 17 kali dan menghantam 18 desa dipirak timu. “Tambah ia .

“Air yang datang berasal dari krueng pirak krueng keurtoe, dan di tambah air lepasan waduk di paya bakong, sedangkan di bentangan sungai belum ada pembangunan Tanggul sebagai dinding penahan  air sungai.

Pintanya lagi,  “kami berharap ada penangganan yang serius yang harus dilakukan.

Selain pembangunan tanggul sungai. Mereka juga minta kepada pemerintah atau dinas terkait agar dapat dilakukan pengawasan secara ketat terhadap pelaku Ilegal loging, penebangan hutan luas.

Tambah Tgk. Ismail, “Saya atas nama masyarakat saya meminta agar dana otsus dapat dikelola di kabupaten saja.

Karena mengingat sudah 6 tahun  saya mengajukan puluhan profosal terkait tanggap darurat  dan pembangunan tanggul tapi tidak terespon karena alasan tidak ada anggaran. “Ungkapnya.

Masih di sesi penyanpaian Aspirasi Tokoh Masyarakat, Tgk. Mahmud Ishak. Selaku Imum Mukim Kecamatan Lhoksukon, juga memberi pendapat. Dia mengatakan untuk kebutuhan inpra struktur penghubung antar Kecamatan yang rusak pasca banjir dan bahkan yang belum sama sekali di bangun di wilayah Kecamatan Lhoksukon, agar menjadi prioritas dalam tahap pembangunan di Aceh Utara. Pasal nya Kecamatan Lhoksukon menjadi pusat perhatian khusus, sebagi kawasan tataruang lingkungan pusat Ibu Kota Aceh Utara.

“Kami berharap kepada pemerintah agar dipercepat untuk pembangunan tataruang kota, pasal nya pasca dilanda banjir, banyak yang rusak. Seperti jalan pasar impres Kota Lhoksukon, harus segera diperbaiki, Jalan buket hagu Kec. Lhoksukon ke Kec. langkahan, jalan Lhoksukon ke Cot Girek, dan jalan meunasah manyang tembus ke Kec. Pirak Timu.” Imbuhnya lagi.

“Harapan saya, semua kebutuhan rakyat harus di selesaikan dan harus menjadi pertimbangan bagi semua DPRA Dapil V  karena sayang masyarakat. Kami berharap adalah pembangunan jalan akses yang sangat penting, ditambah lagi tanggul yang jebol untuk dapat segera dilakukan pembangunan. Mengingat Lhoksukon ini Adalah Ibukota Aceh Utara.” Terapnya Mahmud.

Namun, dipertengahan acara, penyampain Aspirasi semakin alot. Tgk. T. Zulfaddli, atau yang akrap di sapa sebagai (Waled Landing). Ia menegaskan kepada Anggota DPRA Dapil 5, yg hadir pada acara rises tersebut agar dapat bersatu untuk peduli terhadap  pembangunan pasca banjir.

Sebut Tgk. T. Zulfaddli, ” Ingin kami tanya berapa besar dana Aspirasi (Pokir)  Anda dapat setiap tahunnya.

Katanya lagi, “saya pinta untuk sekali saja di tahun ini (2022) agar anggota DPRA Dapil 5, dapat lebih fokus menyatukan Dana Aspirasi untuk pembangunan tanggap darurat di Kabupaten Aceh Utara.

“Selanjutnya bila dana Aspirasinya pun, masih kurang. Agar angota DPRA agar dapat melakukan kerjasama bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, dan Pemerintah Provinsi Aceh Untuk Menjemput Dana Tambahan Anggaran APBN di Kementrian. Imbuhnya.

Sebutnya lagi, sambil sedikit pukul samping. Jangan seperti Anggota DPRA yang lain. Ada Dana Aspirasi, tapi tidak membangun di Wilayah Daerah pemilihannya. Namun Dana Aspirasinya itu rela diberikan untuk di bangun ke Kabupaten Tetangga yang bukan daerah Dapilnya.

Namun, hari ini saya sangat yakin untusan rises hari ini adalah DPRA yang baik hatinya. ‘Droneuh Nyoe Asoe Syurga’ tambahnya dalam bahasa daerah red- ( Anda ini adalah orang – penghuni syurga) jadi tidak mungkin melakukan hal yang demikian. Semoga apa yang telah kami sampaikan hari ini dapat di sampaikan dan diperjuangkan ke dalam pembahasan selanjutnya di Pemerintahan Tingkat Provinsi. “Jelasnya.

Tujuan nya, dengan ada musyawarah besar ini, seluruh tokoh Aceh Utara meminta kepada Perwakilan Rakyat di parlemen (Anggota DPRA) agar menyampaikan semua permasalahan pasca musibah banjir  yang terjadi saban tahun di Aceh Utara, bisa di selesaikan secara maksimal, cepat dan tepat.

Dan terkait percepatan pembangunan di daerah lingkungan Ibu kota Aceh Utara agar DPRA dapat bekerjasama dengan dinas terkait dan segera di lakukan pembangunan. Tanpa saling tumpang tindih seperti ya sudah – sudah.

Untuk kali ini masyarakat meminta kepada DPRA Dapil V, dapat di fokus untuk percepatan pembangunan dan penangganan Antisipasi banjir. Jangan sampai Aspirasi DPRA  dapil V tahun ini pun, di peruntukan untuk diluar Dapil.

Akan tetapi, dari banyak hal yang di dengar oleh Tim Rises FORBES Angota DPRA, tidak sama sekali patah semangat untuk melakukan tindak lanjut permasalahan dari apa yang telah mereka terima.

Ketua FORBES Tgk. Tarmizi Panyang, Selaku Anggota DPRA dari Partai Aceh. Dia langsung merespon dan memberi jawaban dari segala permasalahan, segala unek – unek yang disampaikan oleh perwakilan tokoh – tokoh kecamatan yang hadir dalam acara itu. Semua persoalan yang terjadi setelah pasca banjir kemarin (awal bulan januari).

Tgk. Tarmizi Panyang Menjelaskan,
“Kita akan coba saling bahu membahu dalam hal ini. Kita yang ada di DPRA dari Dapil 5. Dalam melakukan Penangganan yang lebih serius usai pasca banjir di Aceh Utara. Apa yang harus kita bangun dan bagamna caranya melakukan antisipasi terkait pasca banjir.

Sambung Tarmizi, “Bila perlu seperti yang disampaikan tadi oleh Walet landing. Dana Apirasi kita, yang kita satukan untuk kali ini. Selanjutnya, kita akan jemput Dana APBN memohon bantuan kepihak Kementrian.
Kita bekomitmen untuk kawal permohonan Masyarakat sebagai mana keluhan yang telah kita terima dalam dialog hari ini. Seperti apa yang telah disampaikan oleh beberapa tokoh perwakilan Kecamatan masing – masing. Tutupnya. (Malek)

Artikel ini telah dibaca 263 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kepala Desa Langensari terima Penghargaan Dari Gubernur Jawa Barat

28 June 2022 - 11:00 WIB

Mantan Kepala Pekon Umbul Buah diduga Menyelewengkan Dana Desa untuk kepentingan Pribadi

28 June 2022 - 05:44 WIB

SD Negeri Ciwalen Peuntas rayakan, gelar pelulusan,

27 June 2022 - 20:28 WIB

Masyarakat Dusun montong belo ucapkan terima kasih kepada pemerintah Desa bujak atas pembangunan pembukaan jalan usaha tani

27 June 2022 - 14:34 WIB

Warga Kompak Gotong Royong Perbaiki Jalan Berlubang

26 June 2022 - 21:01 WIB

Ribuan Santri Ponpes Abdul Rohman Kikim Timur Sambut Kedatangan Bupati lahat.

24 June 2022 - 20:45 WIB

Trending di Daerah