Diah Pitaloka dan Kemensos RI Persiapkan Bantuan bagi Kader Karang Taruna Cianjur

  • Share
Anggota sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII, Diah Pitaloka yang didampingi Serimika Br. Karo Pejabat Dirjen Kemensos RI mendengarkan pemaparan Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur mengenai produk inovasi Pupuk Organik dari urin kelinci yang diproduksi oleh Unit Karng Taruna RW 16, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur

JOURNALNEWS. ID //– |CIANJUR – Anggota sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPE RI) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI – Perjuangan) Diah Pitaloka didampingi Pejabat dari Kemenreian Sosial RI, Serimika Br. Karo, sebagai Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga Dan Kelembagaan Masyarakat, Kementerian Sosial RI, siapkan bantuan permodalan bagi kader Karang Taruna Kabupaten Cianjur yang berhasil mencapai level kreativitas usaha potensial. Hal tersebut diutarakannya pada agenda Kunjungan Kerja Anggota Komisi VIII DPR RI dalam rangka peninjauan dan evaluasi program/kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan bidang pemberdayaan sosial, bertempat di Aula Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah.

“Bentuknya dalam kegiatan perlombaan potensi usaha yang dijalankan oleh para kader Karang Taruna Kabupaten Cianjur.  Insya Allah, dari Kemensos juga ada bantuan,” ujar Diah Pitaloka yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin, Jumat (17/09/2021).

Dirinya juga mengakui bahwa, anggaran tahunan dari APBN selama ini, memang belum pernah ada bantuan dari pemerintah bagi organisasi Karang Taruna.  Terkecuali hal – hal yang berupa pelatihan ataupun pemberdayaan saja.

“Saya ingin tahu saja, sampai sejauh mana potensi kreatifitas Karang Taruna Kabupaten Cianjur dalam menggali potensi yang ada,” katanya.

Diah memganggap, keberadaa Karang Taruna sangat strategis dan potensial karena keberadaan pengurusnya sampai ketingkat RW. Makanya, siapapun kadernya, akan terlatih dan dipastikan menjadi rokoh masyarakat di lingkungan dimana mereka berada.

“Saya memang jarang berinteraksi dengan Karang Taruna.  Tapi tahu pasti potensi besar yang berada di dalamnya,” tuturnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur,  Mudrikah menyatakan, perhatian dari Kemensos RI sangat besar terhadap keberadaan organisasi yang dipimpinnya. Bahkan dalam waktu dekat, dari Kemensos akan bekerjasama dengan pengurus Karang Taruna Kabupaten bersiap melaksanakan pelatihan kewirausahaan.

Baca Juga  Pemuda di Kabupaten Cirebon Diminta Terus Kembangkan Kreativitas dan Inovasi

“Tadi kita sudah berbicara panjang lebar dengan Ibu Serimika Karo dari Dirjen Kemensos RI,” terang Mudrikah. 

Menyangkut perlombaan penggalian potensi kewirausahaan yang lontarkan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka, bapak dari dua putra ini mengutarakan siap melaksanakannya di Bupan Nopember 2021 mendatang. 

“Itu sudah kami rencanakan. Dan saya ucapkan terima kasih banyak kepada Ibu Diah Pitaloka atas perhatian yang besar kepada Karang Taruna Kabupaten Cianjur ini,” tandasnya. (Ruslan Ependi)

  • Share