Ciamis, Tercatat Ada 19 Orang Yang Meninggal Akibat Covid-19

  • Share

CIAMIS: Pemerintah Kabupaten Ciamis, bersama jajaran Forkopimda kembali menggelar sosialisasi pencegahan Covid-19, secara langsung di beberapa Kecamatan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19.

Salah satu titik sosialisasi tersebut, dilaksanakan di Kantor Kecamatan Banjarsari, yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, bersama dengan Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi., Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P, pada Selasa (29/06/2021).

Yana, menyampaikan sudah hampir satu setengah Tahun pandemi Covid-19 melanda Bangsa Indonesia, dan dunia pada umumnya.

Hal tersebut benar- benar telah berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan baik perekonomian, pendidikan, kebudayaan, dan yang lainya.

“Melihat pemberitaan yang ada saat ini kita dihadapkan pada gelombang ke-2 Covid-19, yang lonjakan kasusnya baik lokal, regional, maupun nasional, melebihi kasus yang ada sebelumnya,”ucapnya.

Dijelaskan Yana, menurut para ahli lonjakan kasus saat ini salah satunya diakibatkan oleh adanya varian baru dari Covid-19, yang lebih kuat, dan lebih cepat menular.

“Di Kabupaten Ciamis, sendiri untuk hari kemarin saja tercatat ada 19 orang yang meninggal akibat Covid-19,”tegasnya.

Menanggapi hal itu Yana, mengajak seluruh Pimpinan di Tingkat Kecamatan, untuk sama- sama memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya varian baru dari Covid-19, disamping juga mensosialisasikan Protokol Kesehatan.

“Wabah Covid-19, masih belum selesai, kita masih dituntut untuk bekerja keras memberikan pemahaman kepada masyarakat, selain itu juga bagaimana caranya agar Prokes ini menjadi kesadaran kolektif,”jelasnya.

Yana, juga mengintruksikan untuk menyamakan narasi kepada masyarakat bahwa pencegahan Covid-19, ini bagian dari pemulihan ekonomi.

“Kita harus menyamakan narasi dalam memberikan edukasi pada masyarakat, bahwa apa yang dilakukan kita saat ini dalam upaya pencegahan pandemi merupakan bagian dari pemulihan ekonomi,”tegasnya.

Baca Juga  Vaksin di Korem 063/SGJ didominasi oleh usia produktif

Senada dengan Wabup Ciamis, Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi., Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengatakan saat ini seluruh Daerah rata-rata kasus positifnya naik, dan ketersediaan ruangan di rumah sakit juga sangat terbatas.

“Mari kita sama-sama saling membantu dengan peranya masing-masing salah satunya memaksimalkan fungsi satgas baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, sampai ke Tingkat Desa,”ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan sosialisasi kewaspadaan Covid-19, juga dilaksanakan secara serentak di beberapa Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sukamantri oleh Sekretaris Daerah Ciamis, bersama Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, dan perwakilan Dinas Kesehatan Ciamis.

Kemudian Kecamatan Panumbangan, oleh Asisten Daerah Ciamis, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

Writer: BaehakiEditor: Kusnandar
  • Share