Bupati Samosir Hadiri Syukuran Perayaan Ulang Tahun Ke-12 Koperasi Makmur Mandiri

  • Share

JOURNAL NEWS || Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menghadiri acara syukuran perayaan ulang tahun Ke-12 Koperasi Makmur Mandiri (KMM) yang digelar di Komplek SPBU Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa (22/6/2021).

Acara diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt Rein Justin Gultom.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun KMM ke-12. Beliau mengapresiasi kehadiran Koperasi Makmur Mandiri yang selama ini turut serta dalam pembangunan perekonomian masyarakat serta dalam pemulihan ekonomi ditengah wabah Covid-19.

“Kita berterima kasih kepada Koperasi Makmur Mandiri yang sudah membantu para pelaku usaha produktif di Kabupaten Samosir dalam hal perkuatan permodalan dalam bentuk penyaluran pinjaman modal usaha mandiri. Selain itu juga KMM hadir dalam memberikan bantuan bagi siswa berprestasi di Kabupaten Samosir” tegas Bupati Vandiko T. Gultom.

Ketua KMM Tumbur Naibaho dalam sambutannya menyampaikan acara syukuran 12 tahun usia KMM dirangkai dengan syukuran 1 tahun SPBU Pangururan menjadi bagian anak perusahaan KMM.

Disampaikan, hingga saat ini jumlah anggota KMM mencapai 73.603 orang dengan kekayaan sebesar Rp 848 miliar serta jumlah karyawan mencapai 1.350 orang

Beliau menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada seluruh pengurus dan karyawan serta anggota atas kepercayaannya selama ini dalam membesarkan KSP Makmur Mandiri.

KMM sendiri mendapat kepercayaan dari Kementerian Koperasi & UKM RI melalui Lembaga Pinjaman Dana Bergulir (LPDP) untuk penyaluran pinjaman modal usaha sebesar Rp 150 miliar.

Kadis Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera yang diwakili oleh Kabid Kelembagaan Unggul Sitanggang menyampaikan bahwa Sumatera Utara bangga atas kehadiran KMM karena turut serta membantu mempekerjakan masyarakat dan peningkatan ekonomi anggotanya.

Baca Juga  Polresta Cirebon Rutin Bagikan Bantuan Beras Kepada Warga Slum Area Terdampak PPKM

Mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, Dirut LPDB-KUMKM Supomo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada KMM atas bertambah usianya dan mengharapkan semakin bertumbuh bersama masyarakat. Koperasi Makmur Mandiri merupakan salah satu dari 100 koperasi besar skala nasional.

Dalam rangkaian acara tersebut, KMM meresmikan 2 kantor cabang baru, sehingga total cabang KMM saat ini mencapai 160 cabang yang tersebar di Indonesia. Adapun Kantor Cabang yang diresmikan yaitu kantor Cabang ke-159 di Kecamatan Sitiotio dan ke-160 di Ambarita, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom ST.

Acara syukuran ini dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI yang diwakili Dirut LPDB-KUMKM Supomo bersama Direktur Umum dan Hukum Zaenal Arifin, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, Danramil Pangururan Kapt Inf. Donal Panjaitan, Kadis Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara yang diwakili Unggul Sitanggang, Kadis Nakerkoperindag Samosir, Camat Pangururan, serta para pengurus, pengawas, manajer, karyawan cabang dan sejumlah anggota KMM Se-Indonesia serta undangan lainnya.

(Ton’s)

  • Share