BUPATI KEEROM SERAHKAN BANTUAN MOBIL PADA KELOMPOK TANI ARSO

  • Share

Keerom(Papua)-///Guna mendukung peningkatan kesejahteraan petani dan juga mendukung Pasar Aidvidjan menjadi Sentral pertumbuhan ekonomi rakyat, Pemerintah Kabupaten Keerom terus berupaya memudahkan Petani untuk memobilisasi hasil panen mereka.

Bertempat di hamparan ladang petani, Sabtu (11/09/21) Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, menyerahkan bantuan kenderaan (mobil pick up) sebanyak 1 unit merk Hilux, kepada Kelompok Tani (Poktan) Arpat Jaya, kampung Arsopura.

Turut hadir pada acara tersebut, Ny. Angela TH Frank Gusbager, ST, (Ketua TP-PKK Keerom), Trisiswanda Indra, SPT, MSi (Sekda Keerom), Edi (Kepala Kampung Arsopura), juga mitra Pemkab Keerom dari Grup Saga Jayapura yaitu GM Saga Group Jayapura, Haris Manuputty, dan tamu undangan lain.

Pada awak media, Bupati Piter Gusbager mengatakan bahwa untuk pertama kalinya Pemerintah memberikan bantuan mobil, ini merupakan bagian dari komitmen besar dari visi-misi Bupati-Wabup Keerom membantu para petani untuk mobilisasi produk pertanian ke pasar Aidvidjan Arso Swakarsa.

‘’Adapun sebanyak 19 unit mobil lagi akan saya berikan kepada sejumlah kelompok tani yang layak dan memiliki komitmen untuk mendukung program pemerintah yaitu membangun kemandirian tani dan mendukung pasar Aividjan sebagai pasar Sentral di Keerom,’’ tuturnya.

‘’Ini komitmen besar kami Piter -Wahfir untuk membangun pertanian, Keerom sebagai daerah aglomerasi Jayapura telah menunjukkan kontribusi besar bagi wilayah ini. Keerom telah berkontribusi dalam menyuplai beberapa kebutuhan pertanian khususnya pasar-pasar di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

” Dijelaskan, bahwa pasar telah diaktifkan lalu diberikan bantuan 20 unit mobil kepada Poktan untuk mengangkut hasil tani ke Pasar Aividjan, dan Pemerintah saat ini juga telah mengandeng mitra yaitu Saga Group Jayapura guna mengambil hasil pertanian Keerom di Pasar Aividjan.

Baca Juga  Diharapkan bia cukai batam untuk segera menindak pelaku penyeludup barang-barang ilegal di tanjung ruau setiap malam.

” Saga Group selaku mitra telah mengambil 700 kg lebih bawang merah Keerom, dan selanjutnya mereka juga siap untuk menampung hasil tani lainnya. Semuanya akan melalui Pasar Aividjan dan untuk memudahkan petani mengangkut hasil, melalui mobil bantuan ini, Kita ingin memudahkan petani untuk mendukung sentra ekonomi kita yaitu pasar Aividjan,’’ jelas Bupati Piter Gusbager.

Senada itu, Haris Manuputty selaku General Manager Saga
Grup mengatakan bahwa banyak potensi-potensi yang ada di Kabupaten Keerom yang akan kami ambil seperti semangka, melon, buah naga dan lainnya tetapi produksinya harus lebih ditingkatkan lagi.

” Pihaknya merasa prihatin kepada nasib para petani yang masih biasa-biasa saja. Sangat disayangkan kalau kita hanya bisa jadi penonton dengan potensi wilayah pertanian kita yang begitu luas, harus ditingkatkan, petani harus bangkit,” pungkasnya.

Lanjut ia menambahkan dalam waktu dekat Saga Grup akan segera membuka 2 unit cabang di Keerom yakni yakni satu titik di Arso II diharapkan selesai tahun ini. Dan satu titik lagi di Arso Swakarsa dan di lokasi lainnya dimana ada titik-titik keramaian, supaya orang arso tidak lagi turun ke kota agar kita seluruh masyarakat bisa membangun Kabupaten Keerom Ini, ” tutupnya. (amrizul)

  • Share