Bea Cukai Wilayah Madura Berhasil Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegel

  • Share

Journal News.id-Madura //- Tim penindakan Bea Cukai Madura berhasil menggagalkan upaya pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal yang tidak dilekati pita cukai senilai Rp 244.800.000,- di Kabupaten Bangkalan,Madura, Jawa Timur,selasa (14/09/2021).

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura Zainul Arifin, mengungkapkan kronologis penindakan ini berawal dari informasi yang disampaikan oleh masyarakat bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal di wilayah pengawasan Bea Cukai Madura, Setelah dilakukan pendalaman informasi, petugas penindakan Bea Cukai kemudian langsung melakukan pengejaran dan memeriksa Bus PO Pahala Kencana yang mengangkut rokok ilegal tersebut di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan pada Senin 13 september 2021 antara pukul 14.00 WIB sampai dengan 15.00 wib.

Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan menyampaikan, pada Bus tersebut didapati rokok yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 15 karton atau 240 ribu batang, terhadap barang bukti langsung dibawa ke Kantor Bea Cukai Madura.

“Total nilai rokok ilegal yang diamankan dari hasil penindakan ini sebesar Rp 244.800.000,- dengan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebanyak Rp 126.000.000,-,” ujar Zainul ( sapaan akrabnya).

Lebih lanjut Zainul menjelaskan bahwa proses penindakan ini merupakan bagian dari upaya Bea Cukai Madura untuk mengurangi peredaran rokok ilegal yang akan merugikan penerimaan negara di bidang cukai. Adapun dasar hukum dari kegiatan penindakan tersebut merupakan pelanggaran pidana yang diduga melanggar pasal 56 Barangsiapa menimbun, menyimpan, memiliki, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan Barang Kena Cukai yang berasal dari tindak pidana berdasarkan Undang-undang ini, dipidana dengan pidana penjara paling lama empat tahun dan/atau denda paling banyak sepuluh kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

“Penindakan ini menunjukkan bahwa masih ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum. Bersama ini, kami tegaskan kembali bahwa seluruh jajaran Bea Cukai tetap konsisten melakukan penegakan hukum di bidang cukai di dalam situasi dan kondisi apapun,” tegasnya.(Ahd/rud)

  • Share