BAWA 40 ITEM ASET RUMAH DINAS KE RUMAH PRIBADI , KINI SUDAH DALAM TAHAP I KEJAKSAAN

  • Share

Keerom (PAPUA),- // Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Keerom, Iptu Bertu Rahadyka, S.T.K, S.I.K, menjelaskan saat ini perkembangan berkas penyidikan kasus penggelapan dalam jabatan yang dilakukan oleh tersangka Muh.Markum mantan Bupati Keerom, periode 2016-2021 sudah dalam Tahap 1 dan sudah di naikan ke Kejaksaan.

Hal tersebut disampaikannya Via Phone pada Media Jurnal Reformasi pada Selasa,(6/7/2021).Lebih lanjut ia mengatakan bahwa berkas penyidikan tahap 1 sudah di naikan ke Kejaksaan pada Senin ( 5/7/2021 ) guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

” Adapun terkait perkembangan kasus penggelapan dalam jabatan yang mana terduga terlapor Muh.Markum, sampai sekarang di tahap ini Kejaksaan akan melakukan penelitian terhadap berkas yang kita kirim, ada tenggang14 hari untuk Jaksa melakukan penelitian terhadap kasus tersebut. Apabila sudah dinyatakan lengkap maka akan dikeluarkan P21, jika ada kekurangan atau penambahan-penambahan lainnya, maka akan dikeluarkan P18 (ket) atau P19(ket), “ujarnya.

” Mengenai 40 jenis item barang rumah tangga rumah dinas Bupati inventaris Pemda yang digelapkan tersangka M.Markum yang berhasil dikembalikan hingga saat ini hanya 13 item saja. Sedangkan yang belum dikembalikan masih dalam tahap pencarian.

” Menurut keterangan dari tersangka mantan Bupati Keerom tersebut ia mengatakan sudah mengembalikan itu semua, tapi fakta yang kita dapat memang belum semua barang dikembalikan, sehingga menjadi PR kami untuk melakukan penyelidikan terkait keberadaan barang- barang tersebut.Apabila tidak ditemukan maka akan dimasukan dalam daftar pencarian barang bukti,” tutupya.

Berdasarkan pada Keputusan Jaksa Agung RI No.518/A/J.A/11/1994 tentang Administrasi Perkara Tindak Pidana. Kode tersebut adalah Kode formulir yang di gunakan dalam proses penanganan dan penyelesaian perkara tindak pidana.

  • P-18 Hasil penyelidikan belum lengkap
  • P-19 Pengembalian berkas perkara untuk dilengkapi
  • P- 20 Pemberitahuan bahwa waktu Penyidikan telah habis
  • P-21 Pemberitahuan bahwa hasil penyidikan sudah lengkap.
  • Share