Iklan

UPTD Pekerjaan Umum Palabuhan Ratu Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Irigasi Cikurutug di Desa Cibodas

Journal News
Sabtu, 01 Mei 2021 | 11.10 WIB Last Updated 2021-05-01T04:10:09Z

Journalnews.id-Sukabumi //- Sehubungan akan dilaksanakannya kegiatan peningkatan pengelolaan jaringan irigasi partisipatip program (IPDMIP) tahun 2021, UPTD Pekerjaan Umum Palabuhanratu adakan Sosialisasi kepada P3A mitra CAI di Desa Cibodas,Kecamatan Palabuhanratu,Kabupaten Sukabumi, Jum'at (30/04/2021)

Camat Palabuhanratu,Ahmad samsul bahri dalam sambutannya,Alhamdulilah patut untuk senantiasa disyukuri,terutama desa cibodas ini sebagai salah satu desa pertanian,jadi untuk infrastruktur pengairannya memang harus ada.

" Ini hal yg sangat luar biasa apa yang menjadi harapan pemerintah ingin mencapai swasembada pangan," terangnya.

Ahmad samsul bahri pun menambahkan, ini tidak hanya dari satu sektor saja tetapi ini perlu ada kebersamaan dari segenap sektor yang berkaitan dengan swasembada pangan.

" Mudah-mudahan pembangunan irigasi ini bisa bermanfaat dengan baik dan petani bisa sejahtera,"harapnya.

Sebelumnya,Kepala Desa Cibodas Junajah Jajah N ,S.pd mengatakan, alhamdulilah berkat kebijakan pak bupati sukabumi, pembangunan di desa cibodas berjenjang terus-terusan tiap tahun.

" Semoga pembangunan irigasi di desa cibodas bisa selesai, termasuk jalan nya juga bisa selesai,serta pandemi covid-19 nya juga selesai," paparnya.

Sementara itu,Kepala UPTD Palabuhanratu Male Sucarwana,menerangkan mengenai kegiatan peningkatan pengelolaan jaringan irigasi(IPDMIP) daerah irigasi cikurutug,Desa cibodas,kecamatan Palabuhanratu dilaksanakan oleh CV.Elang Erlangga.

" Kami berharap kepada pemborong, dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan irigasi ini untuk masyarakat desa cibodas agar dilibatkan," katanya.

PPTK wilayah IV Palabuhanratu, Suryadi menjelaskan pelaksanaan rehabilitasi kegiatan irigasi cikurutug desa cibodas merupakan program bantuan dari ADB, bantuan diawali dengan nota kesepakatan hibah daerah di 14 daerah irigasi yg masuk program IPDMIP

" Irigasi cikurutug termasuk dalam program tersebut,menyambung konstruksi beton tahun lalu,pengerjaannya kurang lebih 800 meter, memperbaiki jembatan serta bangunan-bangunan pengukur, pengatur air mengukur dan mengurug tanah.

Lanjut Suryadi,Sesuai keahlian,u masyarakat desa Cibodas akan dilibatkan dalam pengerjaan pembangunan irigasi tersebut.

" Untuk Pengerjaan pembangunan irigasi ini akan dilakukan selama 120 hari (4bulan),"ungkapnya.

Tim tekhnis bidang pengairan, Ali menjelaskan untuk pembangunan irigasi cikurutug ini total panjang penanganan 840 meter,kita fokuskan yang 800 meter ada sambungan dari KM 7 kemudian untuk 40 Meternya kita pindahkan di lokasi yang terkena bencana saat itu,termasuk kita juga akan perkuat dengan pemasangan borojong nantinya,sehingga tanggul nya diupayakan kembali tanggul semula.untuk anggaran nya pun kita terbatas yaitu kurang lebih 1,4 Milyar.

" Untuk rehab dijembatan akan kita naikan sekitar 20-30 cm, rehab beton ketebalan 10 cm, Lebar bawah 70 cm, Tinggi dari lantai kepermukaan pasangan keatas itu 97 cm. Besi beton nya yg uril, vertikal besi 10, Diagonal besi 13.kemudian ada penambahan jalan insfeksi kurang lebih 500 meter,protek untuk pemasangan boronjong kurang lebih 14 meter dan sisanya pekerjaan-pekerjaan pendukung dan untuk semen berlabel SNI,misalnya Tiga roda atau Dinamik,"Pungkasnya.

acara di hadiri oleh Camat palabuhanratu,kepala UPTD Palabuhanratu,PPTK wilayah IV Palabuhanratu,KetuaP3A mitra CAI beserta anggota ,Gapoktan,konsultan dan Pihak Kontraktor CV. Elang Erlangga.



Laporan : EN
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UPTD Pekerjaan Umum Palabuhan Ratu Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Irigasi Cikurutug di Desa Cibodas

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->