Advertisement

JOURNAL ACEHRagam

Kemasjidan Baiturrahmah Gelar Santunan Ramadhan untuk Para Anak yatim

Journal News
Sabtu, 08 Mei 2021, 23:38 WAT
Last Updated 2021-05-08T16:38:16Z

 
Aceh Utara//Badan Kemakmuran Masjid ( BKM ) – BAITURRAHMAH,  gelar santunan  yatim kepada 52 orang anak yang  berada di lingkungan  kemasjid Baiturrahmah Gampong Bayi, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu  08 Mei 2021.

Mengingat, Islam telah mengajarkan kita untuk memuliakan anak yatim, sebagaimana Al-Qur’an yang telah memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka. Salah satu ayat yang memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka yaitu terdapat dalam surah (QS. Al Ma'un: 1-7). yang artinya “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’  dan enggan (menolong dengan) barang berguna.

Sedangkan orang yang memuliakan anak yatim akan mendapatkan keistimewaan tersendiri dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, keistimewaan tersebut telah disebutkan dalam hadits. Rasulullah saw. bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304).

Ketua BKM – Baiturrahah, Husaini, S.Pd. MPD, mengatakan, program santunan kepada anak-anak Yatim Piatu sudah sering dilakukan dan menjadi program rutin, terlebih di bulan Ramadhan ini, katanya. 
 
“Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi ladang amal di akhirat nanti dan semoga apa yang sudah kami berikan kepada anak-anak dapat diterima dengan senang hati dan penuh kegembiraan,” lanjutnya.


"Santunan tersebut berkat sedekah dari hamba-hamba Allah, yang telah menyisihkan sedikit rezeki dan disalurkannya melalui BKM-Baiturrahmah untuk menyantuni anak-anak yatim, selanjutnya kami berharap santunan ini akan terus menerus dilaksanakan secara istiqomah tidak hanya dilakukan di bulan Ramadhan saja”, tabahnya.

Selanjutnya,  Imam Masjid Baiturrahmah Bayi, Tgk. H. Tarmizi, mengucapkan "Allahdulillah, acara mulia yang dirahmati Allah ini terlaksana dengan baik, ini semua berkat kerja keras BKM - Baiturrahmah dan para donatur, semoga kedepan harus tetap terlaksana sebagai rutinitas mulia dari BKM - baiturrahmah karena ini merupakan salah satu wadah untuk beramal baik untuk panitia dan orang-orang yang mau menyumbang", tutupnya. 


Adapun manfaat pertama yang bisa dirasakan dari bersedekah dan menyantuni anak yatim di Bulan suci Ramadhan  adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, denganmelihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain.

Laporan Sayful Tanlus

TrendingMore