Iklan

Rakor Tmmd ke-111, Kodim Kuningan digelar di Desa Jamberama

Journal News
Kamis, 08 April 2021 | 22.15 WIB Last Updated 2021-04-08T15:15:45Z

Kuningan //-Jelang pelaksanaan TMMD, Kodim 0615/Kuningan melaksanakan Rapat Koordinasi ke-2 TMMD Skala Nasional ke 111 Tahun 2021di Balai Desa Jamberama, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan, Kamis (8/4/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Dedi Soehardjito,
Para perwira jajaran Kodim 0615/Kuningan,
Kepala BNN Kuningan AKBP Irfan N, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Pahlevi Sanjaya yang diwakili oleh Kasat Sabhara AKP Muntaha, Kajari Kuningan diwakili oleh Kasi BB Ahmad Sudarmaji SH., MH,
Para Kadis, Kaban Lingkup Setda Kabupaten Kuningan, Camat Salajambe Bagus S, dan undangan lainnya.

Pelaksanaan rapat koordinasi ke-2 TMMD di Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe ini tujuannya adalah untuk membahas atau expose rencana sasaran program terpadu dan TMMD Skala Nasional ke-111 Tahun Anggaran 2021.

Kepala Desa Jamberama, Suryaka, menyampaikan rasa bangganya atas akan diselenggarakannya program TMMD di Desa Jamberama. "Kami merasa bangga karena program TMMD ini dapat membantu anak-anak sekolah dan para petani dalam melaksanakan segala kegiatan," ujarnya.

Ia berharap keseriusan pemerintah dalam membangun Desa Jamberama, sehingga perkembangan ekonomi akan semakin lancar.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Drs. Dudi Fahrudin mengungkapkan, yang berkembang dimasyarakat ini adalah semangat kegotongroyongan dan kebersamaan yang akhir-akhir ini cenderung menurun, sehingga untuk mengatasinya perlu dilakukan langkah-langkah konkrit.

"Melihat permasalahan tersebut diatas, Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai bagian dari masyarakat mempunyai inisiatif untuk menguatkan kembali rasa kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat yaitu melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD," ujarnya. 

Proses perencanaan TMMD disusun dengan sistem Batam Training yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat yang secara hirarkis diawali dengan musyawarah di tingkat desa, kecamatan, kabupaten provinsi, hingga tingkat pusat dan selanjutnya ditetapkan sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Pembangunan infrastruktur dan sarana masyarakat tersebut akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sebagai contoh pembangunan jalan akses yang akan kita bangun sebagai penghubung Desa Gambiran Dusun Surian dan selanjutnya juga bisa dilanjutkan menuju Desa Padahurip yang masih berada di wilayah Kecamatan Selajambe. Diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas transportasi serta memperlancar urat nadi ekonomi di wilayah tersebut," jelas Dudi.

Sementara itu, Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan memaparkan, yang akan menjadi sasaran Fisik dalam program TMMD ke-111 Tahun 2021 yaitu Rabat beton laburan aspal Jalan Jamberama panjang 1700 meter, Lebar 2,5 meter. Pembuatan tembok penahan tebing 140 meter, Pembuatan pos kamling dan Rehab Sekolah SD dan TK 1 lokal.


"Sedangkan untuk sasaran Non Fisik meliputi Sosialisasi undang-undang perkawinan, Sosialisasi dan pasilitas UMKM, Pusat kesejahteraan sosial, Penyuluhan prokes tentang Desa Siaga Covid-19, Sosialisasi P4GN,Penyuluhan Hukum, dan Pelatihan kepramukaan," terang Letkol Czi David Nainggolan.

Ia berharap dalam pelaksanaan TMMD yang akan digelar tanggal 15 Juni- 14 Juli 2021 bisa dikerjakan sesuai rencana dan diharapkan adanya kerjasama dari semua stakeholder.


Laporan: Jaeni (Bang Jek)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rakor Tmmd ke-111, Kodim Kuningan digelar di Desa Jamberama

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->