Iklan

Kuwu Desa Karanganyar Siap Melaksanakan Pos Kamling hingga Ronda Malam demi Kondusifitas

Journal News
Rabu, 07 April 2021 | 15.50 WIB Last Updated 2021-04-07T08:50:31Z


Cirebon //- Jelang bulan suci ramadhan perkampungan warga sering terjadi kehilangan sepeda motor. Para tokoh masyarakat di wilayah Desa Karanganyar dan Desa Keroya, Kecamatan Panguragan, beserta Desa Pegagan Kidul dan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan. menggelar kegiatan rapat koordinasi bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua RT. RW. Dan Perwakilan dari Empat Desa Tersebut, Rapat Muasyawarah Kamtibmas digelar di Kantor Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, Senin (06/04/2021) Malam. 

Dalam rapat Musyawarah Kamtibmas tersebut dipimpin oleh Kepala Desa Karanganyar, Muh. Yakub, SH. Yang dihadiri masing masing perwakilan dari Pemdes Kroya, Pemdes Karaanganyar, Juragan Sudiana mewakili Pemdes Pegagan Lor, dan Aipda Moh. Carmo Bhabinkamtibmas ( Trengginas) Desa Pegagan kidul, Polsek Kapetakan Polres Cirebon Kota, Bhabinkamtibmas Desa Karanganyar Polsek Panguragan Polresta Cirebon,  Babinsa dan Para Tokoh masyarakat serta ketua RT. RW. Berlangsung aman dan Kondusif. 

Dalam rapat tersebut Nampak, dibanjiri keinginan dan permintaan warga setempat yahni, warga meminta adanya ronda malam dan poskamling per RT atau RW lebih ditingkatkan, buka tutup akses jalan atau Portal khususnya di jln tikus. Ujar salah satu warga saat menyampaikan Aspirasinya. 


Menanggapi Hal tersebut Kepala Desa Karanganyar, Muh. Yakub, SH. Mengatakan, setuju dan siap untuk melaksanakannya.

Dijelaskan Kuwu Muh. Yakub, pada prinsipnya kegiatan rapat kamtibmas ini dilaksanakan dikantor desa kita kebetulan hanya ketempatan saja, namun pada intinya rapat musyawarah Kamtibmas kita gelar pada hari ini yaitu berkaitan dengan Keamanan dan Ketertiban dilingkungan masyarakat, karena banyak aduan dari masyarakat terkait dengan beberapa kali sering terjadi kehilangan sepeda motor, ujarnya. 

" Kegiatan Rapat bersama ini diawali dari inisiasi para tokoh masyarakat dan pemuda, sehingga ini menjadi sebuah Motivasi kita bersama untuk bisa saling menjaga situasi Kamtibmas dilingkungan masing masing  agar tetap kondusif dengan mengaktifkan ronda malam, Katanya. 


Lanjutnya, Muh. Yakub, SH. menjelaskan, salah satu hasil dari Musyawarah Kamtibmas yang sudah disepakati bersama 
antara lain. Yakni kita bersama sama akan berupaya untuk meningkatkan kewaspadaan terutama di Jam Malam. 

Untuk itu kita akan melaksanakan Sistem keamanan keliling ( Siskamling) dengan para aparat desa dan ketua RT. RW., TNI Polri dan Maasyarakat untuk bersinergi bersama  agar bisa saling menjaga lingkungan disekitarnya. warga kita berikan himbauan agar selalu waspada. karena itu kita selaku Pemerintah Desa juga wajib bertanggung jawab tentang Kamtibmas yang berkembang di masyarakat. Sehingga ini menjadi bagian salah satu kewajiban kita Pemerintah Desa untuk menyupport inisiasi warga dan ikut serta dalam melaksanakan tingkat keamanan dan ketertiban dimasyarakat. Dan ini akan kita laksanakan sesuai dengan hasil kesepakatan bersama. Namun peran dari pada masyarakat sendiri sangat kita butuhkan dalam rangka pelaksanaan nya," Tandas Kuwu Desa Karanganyar. 

Sementara itu Bhabinkamtibmas ( Trengginas) Desa Pegagan kidul Polsek Kapetakan Polres Cirebon kota Aipda Moh. Carmo dalam kesempatanya, menyampaikan bahwa tingkat kejahatan akhir akhir ini semakin meningkat, karena informasi laporan warga yang berkembang saat ini  akan sering kalinya warga kehilangan sepeda motor. Ditempat lingkungan warga Untuk itu masyarakat diminta selalu waspada akan adanya tindak kejahatan Curat, Curas dan Ranmor, ujarnya. 


"Kita meminta kepada masyarakat agar tidak sungkan untuk dapat bersinergi dengan aparat keamanan, bila terjadi suatu hal gangguan Kamtibmas. Masyarakat juga bisa lapor ke polsek terdekat atau bisa menghubungi Bhabinkamtibmas desa. Tukas Aipda Moh. Carmo yang akrab disapa Bhabin Trengginas. 



Laporan: Bobon. S.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuwu Desa Karanganyar Siap Melaksanakan Pos Kamling hingga Ronda Malam demi Kondusifitas

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->