Iklan

Bupati Subang Rumuskan Jurus Ampuh Untuk Penanganan Banjir Di Pamanukan

Journal News
Rabu, 07 April 2021 | 07.40 WIB Last Updated 2021-04-07T00:40:11Z

SUBANG // - Pertemuan Bupati Subang dengan Direktorat Pengairan Bappenas, menghasilkan 7 (tujuh) langkah rumusan terkait rencana penanggulangan banjir di Pamanukan. 

Kepala BP4D Hari Rubiyanto mengatakan, rumusan tersebut merupakan hasil pertemuan Bupati Subang H Ruhimat dalam rapat terakhir bersama Dirjen Pengairan Bappenas yang dihadiri oleh BBWS, dan Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat.

“Rencana pertama ialah, embung di Desa Rancahilir akan dibangun oleh Kabupaten Subang pada tahun 2022, menggunakan dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat.” Ujarnyaya.

Terkait beberapa titik tanggul yang bocor, akan segera diperbaiki oleh BBWS baik itu secara temporer maupun permanen.

Hari juga menambahkan bahwa untuk tanggul bongas, BBWS akan melakukan survei ke lokasi untuk memetakan kembali rincian biaya perbaikan.

“Pada waktu menyesuaikan, didampingi pak Camat Pamanukam dan aparat desa saat survey.” Paparnya.

Sementara, rencananya pada bulan Agustus, akan diadakannya kegiatan konsultasi secara menyeluruh mulai dari hulu Cipunagara sampai hilir, proses perbaikan dan penanganan yang harus dilakukan diantaranya terkait studi kelayakan penanganan sungai Cipunagara.

“Selain studi kelayakan, akan juga digarap DED penanganan sungai Cipunagara, Studi LARAP penanganan banjir Cipunagara.” Katanya.

Kegiatan tersebut merupakan pekerjaan yang dibiayai oleh Pemerintah pusat dengan waktu selama 14 bulan. Selama proses kajian penanganan sungai Cipunagara, akan dilakukan perbaikan temporer maupun permanen untuk meminimalisir dampak meluapnya air sungai Cipunagara.

“Disamping itu, Bendungan sadawarna juga akan bisa meminimalisir 35 persen banjir akibat meluapnya sungai Cipunagara.” Imbuhnya.

Selain itu, BBWS juga akan melakukan perbaikan bendungan Cibeet dan Cijuray yang diharapkan akan mengurangi debit air yang masuk ke sungai Cipunagara sebesar 50 persen serta akan dilakukannya upaya normalisasi oleh BBWS untuk meminimalisir dan mengurangi sedimen yang ada di aliran sungai Cipunagara.



Laporan : Gilang Nugraha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Subang Rumuskan Jurus Ampuh Untuk Penanganan Banjir Di Pamanukan

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->