Iklan

Tangis Haru Saat Keluarga Padma Negara di kukuhkan Sultan Kanoman Cirebon sebagai Juru Kuncen Situs buyut Pondok Pegagan Kidul

Journal News
Rabu, 24 Maret 2021 | 06.20 WIB Last Updated 2021-03-24T02:41:12Z


Cirebon //- Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, masyarakat desa pegagan kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon nampak antusiasme saat  menyaksikan prosesi pengukuhan Kasirudin bin ukim (ketua  Juru Kuncen ) dan Runata bin Tarmidi (wakil ketua juru Kuncen) Situs buyut Pondok Padma Negara, yang dikukuhkan langsung oleh Sultan Raja Muhammad Emirudin (Sultan Kanoman (Xll) Cirebon, kedatangan Sultan Kanoman Cirebon disambut baik warga dengan iringan musik islami dari Group Hadroh Asshobirin Asal Desa pegagan kidul, Selasa ( 23/03/2021) Siang. 

Suasana Haru dan Isak tangis mewarnai Prosesi acara pengukuhan kedua juru Kuncen situs buyut pondok tersebut yang bertempat Aula Situs buyut Pondok Desa Pegagan Kidul. 

Hal itulah yang dirasakan salah seorang keluarga buyut pondok Padma Negara terlihat haru dan senang saat prosesi acara berlangsung disaksikan warga setempat. 

Salah seorang dari keluarga buyut pondok Padma Negara saking senangnya dan terharu, karena berpuluh puluh tahun baru pada hari selasa (23/03) ini, Situs Buyut Pondok Padma Negara yang merupakan warisan budaya leluhur terdahulu baru dihari ini disahkan dan diakui oleh Keraton Kanoman Cirebon dengan disaksikan langsung oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat akhirnya dapat terwujud. 

Terpisah Camat Kecamatan Kapetakan Carsono, AP. MM., Saat dihubungi via Telpon mengatakan, ucapan selamat kepada kedua pengurus yang baru dilantik dan di kukuhkan sebagai kuncen situs buyut pondok Padma negara desa pegagan kidul, semoga dengan pengakuan tertulis dari keraton Kanoman akan membawa berkah khususnya bagi masyarakat desa pegagan kidul Kecamatan Kapetakan, Ujarnya. 

Camat menambahkan, dengan telah dikukuhkanya kuncen situs buyut pondok Padma negara ini dapat menjadi bukti bahwa di situs pondok tersebut terdapat sejarah peninggalan terdahulu, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan sejarah pegagan kidul dan Cirebon sendiri dimasa silam untuk diingatkan kepada para generasi muda yang akan datang, akan arti pentingnya perjuangan para leluhur dalam membangun sebuah daerah pedesaan, Tukasnya Carsono AP. MM, Camat Kecamatan Kapetakan. 

Hadir dalam prosesi kegiatan pengukuhan tersebut, Sultan Raja Muhammad Emirudin ( Sultan Kanoman Xll) dan Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran beserta para Pangeran Sepuh, Perwakilan dari Kecamatan Kapetakan, Pejabat Kuwu Desa pegagan kidul Karyan, Babinsa Koramil 2021/Kapetakan Serda Abdullrahman, Bhabinkamtibmas Polsek Kapetakan Aiptu H. Carda, dan Para Tokoh masyarakat desa pegagan kidul, selama acara prosesi pengukuhan juru Kuncen buyut Pondok berlangsung lancar dan kondusif. 



Laporan: Wadira
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tangis Haru Saat Keluarga Padma Negara di kukuhkan Sultan Kanoman Cirebon sebagai Juru Kuncen Situs buyut Pondok Pegagan Kidul

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->