Iklan

SISWA SD KESULITAN BACA KARENA PANDEMI, GILAR USUL GERAKAN MENGAJAR ANAK TETANGGA

Journal News
Senin, 08 Maret 2021 | 11.30 WIB Last Updated 2021-03-08T04:30:36Z

JOURNAL NEWS | Diberitakan di beberapa media sebelumnya, Dinas Pendidikan kabupaten Cianjur menemukan fakta miris, dimana 15 % siswa SD kelas 1 kesulitan membaca.

Hal ini terjadi akibat kegiatan belajar mengajar yang hanya dilakukan melalui sarana daring, selama pandemi covid-19.

Mengomentari hal ini, Gilar Budi Raharja - ketua DPD PKS Kab. Cianjur, menyampaikan keprihatinannya. Gilar khawatir, karena di tengah kesulitan membaca ini anak-anak diserang oleh konten online berupa game dan video-video tidak berkualitas di HP mereka.

"Ini sangat mengkhawatirkan, karena bersamaan menurunnya kualitas pelaksanaan pendidikan, masyarakat diserang dengan serbuan konten-konten yang tidak mendidik berupa video dan games", demikian komentar pemuda yang 2020 lalu menjadi calon wakil Bupati Cianjur ini.

Gilar mengatakan situasi ini tidak boleh dibiarkan, pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dan jajaran Dinas Pendidikan harus punya terobosan. "Di samping itu, masyarakat juga harus punya kepedulian. Terutama yang punya kapasitas lebih", imbuhnya.

Pemuda lulusan universitas di Korea Selatan ini mengusulkan adanya gerakan mengajar baca anak tetangga. "Saya kira ini salah satu solusi. Selain guru-guru didorong untuk keliling kunjungi siswa, masyarakat seperti mahasiswa, pelajar atau kalangan terpelajar yang ada tetangga punya anak SD kelas 1 atau baru akan masuk, ajarin baca".

Bapak 6 anak ini melengkapi, bahwa gerakan ini relatif aman, selama mengikuti protokol kesehatan, karena aktifitas terjadi dalam lingkup kecil, tetangga. "Yang beresiko itu kan kalau sampai keluar rumah, bepergian jauh dan berkerumun yang tidak terkendali. Kalau sama tetangga yang kita tahu kesehariannya, kan aman". 

"Sebenarnya peran utama seharusnya ada pada orangtua masing-masing, tapi mungkin masih banyak yang gak punya kemampuan mengajarkan kepada anak", Gilar menutup. Beliau berharap hal ini bisa ada solusi dari berbagai pihak.

- PD -
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SISWA SD KESULITAN BACA KARENA PANDEMI, GILAR USUL GERAKAN MENGAJAR ANAK TETANGGA

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->