Iklan

Saksi Batas Menegaskan Tanah Padang Rigis Batu Puyang desa p panggung SDL, Milik H.Mahmud Bin Jage

Journal News
Rabu, 17 Maret 2021 | 13.24 WIB Last Updated 2021-03-17T06:25:28Z

Muara Enim---Mediasi sengketa kepemilikan tanah Padang Rigis Batu Puyang didesa Pulau Panggung antara pihak anak Cucu H.Mahmud (Pemilik Tanah). terhadap  Yulizar

Hasil mediasi yang di gelar oleh Camat SDL Edi Suprianto dibuka oleh Sekcam Supani bersama Kasi Trantib M Rasyidi pada Rabu (17/3/2021), bertempat di Kantor Camat SDL dalam rangka agenda mendengarkan saksi batas terungkap sudah bahwasanya tanah tersebut Milik Tunggu Tubang H Mahmud.

Hal tersebut di tegaskan oleh ke 3 saksi batas yang hadir H.holid (84), Ust Sukarni (70), holfah (56) yang menerangkan bahwa mereka memiliki sawah di ataran Padang Rigis sejak tahun 1966 yang berbatasan dengan Tanah Daratan H.Mahmud bin Jage


"Sejak tahun 1966 kami memiliki sawah di ataran Padang Rigis Batu Puyang yang berbatasan dengan tanah H.Mahmud"

"Dan kami tidak pernah tahu ada orang orang lain yang menguasai tanah tersebut, setahu kami tanah tersebut milik H.Mahmud dan pernah digarap dan dipelihara oleh anak cucung H Mahmud. sebelum ada sengketa." Ujar H Holid Tokoh Masyarakat SDL.

Terpisah, Senada di ungkapkan oleh Samani mantan Riye dan kepala Desa Batu Surau Kecamatan SDT (periode 1981 s.d 2003) mengungkapkan bahwa tanah desa Batu Surau di Batu Puyang Padang rigis bertepatan berbatasan dengan Tanah H.Mahmud 

"Pada saat itu tahun 1982 kami bersama Riye Baijuri (Kades P.Pangung) telah terjadi kesepakatan dan menetapkan batas wilayah DS.Batu Surau dengan DS.Pulau Panggung bertepatan di Tanah H Mahmud, artinya tidak pernah ada tanah Sawawi di sana" Ujar mantan riye/kades Samani.saat di jumpai oleh Journalnews.id di rumah nya Selasa (16/3/2020).

Bahkan pernyataan Samani tersebut ia tuangkan dalam surat pernyataan di atas materai diketahui oleh pemuka Adat kadus dan Kades Batu Surau Ridwan yang saat ini menjabat.




Setelah Menyimak menggali keterangan saksi batas sudah dapat disimpulkan bahwa Tanah Batu Puyang Padang Rigis adalah milik Tunggu Tubang H Mahmud bin Jage." Ujar M Rasyidi (Kasi Trantib Camat SDL) 

Apa lagi mantan camat SDL Th. 2000 Fajri Erham telah menyatakan surat SKT dan SPPH milik Yulizar adalah palsu rekayasa. dalam hal ini Sawawi ataupun Yulizar telah berani memalsukan Tanda Tangannya.dan ia akan turut melaporkan Yulizar CS ke pihak berwajib.hal tersebut dituangkan oleh Fajri Erham dalam surat pernyataan pada tanggal (25/2/2021).

"Sudah dapat dipastikan Yulizar telah nekat mengakui tanah orang menggunakan surat dukomen palsu".Imbuh M.Rasyidi

Pihak kecamatan SDL dalam waktu dekat akan segera menerbitkan berita acara sebagai dasar keluarga H Mahmud untuk menempuh jalur hukum pidana maupun perdata.




Pihak keluarga H Mahmud juga memohon kepada kasi Trantib Camat SDL agar bisa menertibkan Yulizar dan angkat kaki dari penguasaan tanah tersebut, guna menghindari korban masyarakat yang tertipu oleh praktek jualan tanah kapling yang di lakukan oleh Yulizar dengan menggunakan dukomen surat palsu untuk mengelabui  masyarakat. (Asrul iskandar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Saksi Batas Menegaskan Tanah Padang Rigis Batu Puyang desa p panggung SDL, Milik H.Mahmud Bin Jage

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->