Iklan

Didampingi PPL dan POPT, Gapoktan Sri Jaya dan Tri daya manunggal Desa Pegagan Kidul Serentak Tanggulangi Hama Penggerek Batang

Journal News
Kamis, 18 Maret 2021 | 19.21 WIB Last Updated 2021-03-18T12:21:17Z


Cirebon //- Di masa musim hujan ini petani harus waspada  terhadap serangan Hama  penggerek batang Padi yang biasa disebut Sundep atau Beluk. Sundep atau Beluk merupakan Hama utama pada tanaman Padi yang menimbulkan kerusakan berat serta dapat kehilangan hasil panen yang maksimal. 

Guna mencegah atau mengantisipasi terhadap serangan Hama penggerek batang Padi Gapoktan Sri Jaya dan Tri Daya Manunggal  Desa Pegagan Kidul serempak melakukan penyemprotan pengendalian hama pada tanaman Padi  sejak dini. dengan obat semprot pestisida berbahan aktip dimehypo atau Insektisida sistemik, yang didampingi langsung oleh PPL Desa Pegagan kidul, Ka. Uptd Kecamatan Kapetakan, Kordinator POPT Kab. Cirebon, POPT, Babinsa Koramil 2021/Kapetakan Serda Abdullrahman dan para petani dari Gapoktan Sri Jaya Desa Pegagan kidul, Kamis, (18/03/2021). 


E'eb Suah'eba, SP., Petugas PPL Desa Pegagan kidul mengatakan, bahwa kegiatan pengendalian penyemprotan serempak terhadap hama penggerek batang Padi ini dilakukan guna mencegah tanaman Padi diserang hama. Dengan Obat Semprot pestisida berbahan aktip dimehypo insektisida sistemik yang merupakan bantuan dari pemerintah provinsi sebagai stimulan para petani untuk pengendalian hama penggerek batang. kita bersama POPT ini sebagai dukungan dan menggalakkan para petani Desa Pegagan kidul khususnya dengan melalui kegiatan Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama dalam penggunaan insektisida yang ramah lingkungan ini diharapkan dapat pengamanan produsksi hasil panen para petani, ujarnya. 


"Kita bersama ini juga akan siap mengawal penyedian sarana dan prasarana serta mendukung dan selalu siap memberikan bimbingan teknis pada para petani di Desa Pegagan kidul. Karena hama penggerek batang Padi ini dapat menyerang tanaman padi  stadia umur muda /vegetatif dan dikenal sebagai hama Sundep serta menyerang tanaman stadia genetatif yang dikenal sebagai hama beluk," Kata E'eb. 

Ditambahkannya, pengendalian terhadap OPT khususnya hama penggerek batang padi, petani harus melaksanakan secara terpadu mulai dari pra tanam sampai menjelang panen. Untuk mengendalikan keberadaan hama penggerek  batang, petani juga kita berikan bintek sosialisasi tentang kegiatan pengelolaan hama terpadu yang melibatkan beberapa cara pengendalian yang padu, padan dan serasi atau juga saling sesuai. 

Salah satu caranya yaitu, tentang pengendalian hama penggerek batang Padi ini adalah dengan  kegiatan pengendalian secara dini dan ramah lingkungan seperti yang pada hari ini dilakukan secara serempak oleh para Gapoktan Sri Jaya dan Tri daya Manunggal Desa Pegagan kidul dalam upaya penanggulanganya.


Lebih lanjut Ibu E'eb Suah'eba, SP. mengatakan, pengendalian ramah lingkungan bersama para petani ini terhadap hama penggerek batang, baik Sundep maupun Beluk ini dapat kita lakukan sejak awal pesemaian tanaman Padi hingga menjelang masa panen, sehingga hasilnya diharapkan bisa maksimal, Tukasnya. 



Laporan: Wadira
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Didampingi PPL dan POPT, Gapoktan Sri Jaya dan Tri daya manunggal Desa Pegagan Kidul Serentak Tanggulangi Hama Penggerek Batang

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->