Iklan

Bersama PPL dan POPT Serta Pejabat Kuwu, Bhabinkamtibmas Pegagan Kidul Bantu Petani Perangi Hama

Journal News
Senin, 15 Maret 2021 | 16.45 WIB Last Updated 2021-03-15T15:49:06Z

Cirebon //- Dalam dunia Pertanian khususnya pada tanaman padi, para petani selalu mengharapkan hasil panen semaksimal mungkin. Namun hal yang diharapkan tersebut bukan tidak akan menemui kendala sama sekali. Melainkan seringkali petani juga dihadapan pada tantangan serangan hama yang salah satunya disebabkan oleh hama Penggerek Batang merupakan salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan sundep dan beluk pada tanaman padi.

Atas dasar keresahan petani itulah Bhabinkamtibmas desa pegagan kidul Aipda Moh. Carmo bersama Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) desa pegagan kidul dan Pejabat Kuwu Karyan didampingi Koordinator BPP Panguragan Bp. Darma dan POPT (Petugas Pengendalian Organisme Tumbuhan) Bp. Cipto bersinergi menggelar kegiatan penyuluhan tentang penanggulangan Gerakan pengendalian hama penyakit (Gerdal) yakni sosialisasi tentang pengendalian hama penggerek batang pada tanaman padi.


Kegiatan tersebut juga dihadiri sebanyak 15 orang Petani Desa Pegagan kidul kecamatan Kapetakan Kab. Cirebon, Senin (15/03/2020).

Kapolsek Kapetakan AKP Didi Setiyadi, SH menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak kepolisian di desa binaan wajib menyingsingkan lengan baju untuk turut bersama bergotong royong dengan para pemangku kepentingan dibidang pertanian sehingga pengendalian hama penggerek batang atau sejenisnya dapat diatasi dan berujung pada hasil panen para kelompok tani desa binaannya melimpah dan maksimal, ungkapnya.

Lanjut Kapolsek menjelaskan, Bhabinkamtibmas aktip sambang didesa binaan sekaligus menyampaikan tentang protokol kesehatan. tentunya dilakukan dengan menjalin sinergi dengan instansi aparat desa setempat.

Selain penyuluhan juga para petani diberikan pemahaman penggunaan obat semprot dan sekaligus melakukan penyemprotan pada tanaman padi milik para petani. Jelas AKP Didi Setiyadi, SH, Kapolsek Kapetakan.

Sementara itu, Petugas PPL Desa pegagan kidul IBu E'eb Suah'eba, SP. mengatakan , Kita bersama ini memberikan sosialisasi pada para petani desa pegagan kidul yakni tentang Gerakan pengendalian hama penyakit dalam penggunaan insektisida yang merupakan bantuan dari pemerintah Provinsi bertujuan untuk pengendalian hama penggerek batang pada tanaman padi. Sifat insektisida ini racun Sistemik yang bekerja sebagai racun lambung dan kontak dengan pernapasan untuk menanggulangi hama penggerek batang pada tanaman padi, ujarnya.

Selain itu juga dihimbau agar para petani desa pegagan kidul tetap waspada di musim rendeng atau musim tiba hujan ini karena intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga akan berdampak terserangnya tanaman padi oleh hama penggerek batang yang banyak menyerang pada musim sekarang ini yakni hama Penggerek batang dan Penyakit HDB (Hawar Daun Bakteri) atau biasa disebut Kresek. Katanya.


Ditambahkannya, di musim tiba hujan ini para petani harus dapat mengurangi penggunaan pupuk urea berlebih. ini untuk penanggulangan pencegahan dan mengantispasi agar tanaman padi tidak terkena hama. Cukup dengan Pestisida berbahan aktif dimehypo untuk pengendalian penggerek batang pada tanaman padi.

Gerakan Pengendalian (Gerdal) bersama ini merupakan upaya dari PPL dan Petugas Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Kecamatan Kapetakan, bertujuan untuk menekan perkembangan Hama Penggerek Batang pada tanaman padi di wilayah Desa pegagan kidul. Hama penggerek batang ini kalau dibiarkan dapat menurunkan hasil Produksi 50-70%.

Diharapkan dengan Kegiatan Gerdal ini bisa merangsang petani lainya untuk giat dalam menjaga Pertanamanya untuk kewaspadan supaya bisa menekan perkembangan penyakit dan hama lainya, guna mengawal agar hasil produksi Pertanian ini selalu meningkat khususnya di Desa pegagan kidul bisa Maksimal hasilnya. Tutupnya.



Laporan: Wadira
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersama PPL dan POPT Serta Pejabat Kuwu, Bhabinkamtibmas Pegagan Kidul Bantu Petani Perangi Hama

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->