Iklan

Angkatan Muda Si Raja Oloan Kunjungan Ke Bona Pasogit

Journal News
Senin, 15 Maret 2021 | 22.07 WIB Last Updated 2021-03-15T15:21:54Z


Sumut, Journalnews.id || Kunjungan ke Bona Pasogit atau Ziarah adalah salah satu Tradisi yang dilakukan Orang batak, bahkan sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting.Bahkan ziarah dan Kunjungan dilakukan ke suatu tempat yang suci dan ketempat Asal mula neneng moyang.


Tujuannya adalah untuk mengingat kembali agar tidak lupa asal usul, meneguhkan iman bahkan ada yang bilang utuk menyucikan diri.


Rombongan Angkatan Muda Si Raja oloan (AMSRO) Sumatera Utara melakukan kegiatan kunjungan Sekaligus Ziarah Ke Bakkara Kampungnya Si Raja Oloan dan pahlawan Nasional Raja Sisimangaraja XII yang berada di Desa Simamora, Kec. Baktiraja Kab. Humbang Hasundutan, Sabtu - Minggu (13-14 Maret 2021).


Dalam perjalanannya Angkatan Muda Si Raja Oloan (AMSRO) SUMUT mengunjungi beberapa tempat yang di sakral kan seperti Tugu Si Raja Oloan, Tombak Sulu-Sulu, Aek Sipangolu. Tempat tersebut memiliki sejarah masing-masing tak lepas dari sejarah Sisingamangaraja. 


Selama 2 hari Kujungan Angkatan Muda Sirajaoloan didampingi oleh Kepala Desa Parningotan Bakara, Penjaga istana Marconi Sinambela dan Pengkhotbah

Musdika Sihotang.


Ketua Panitia Kunjungan ke Bona Pasogit Bakkara, Nikodemus Prianto Sihotang menuturkan, Kunjungan ke Bona Pasogit banyak sekali kisah yang membangkitkan semangat sebagai generasi penerus yang harus memiliki rasa juang yang tinggi dan ketegasan bahkan dalam kepemimpinan yang ahli dalam memberikan solusi yang dapat ditiru dari sifat Raja Sisingamangaraja sebagai pomparan dari Si Raja Oloan yang mengibaratkan kisah dari Orangtua pada Anaknya, tuturnya.


"Pada saat ini, di masa pandemi anak muda harus memiliki semangat yang tinggi untuk menemukan jalan keluar bagi bangsa ini, bagi keluarga juga dalam meniti karir sebagai seorang pemuda yang harus memiliki masa depan yang akan dikenang untuk menciptakan generasi berikutnya," ujar Nikodemus Prianto Sihotang


Lanjut Niko, Sama suka pada saat raja Sisingamangaraja, saat itu Bangso Batak sedang kacau balau hingga datang masa penjajahan, Raja Sisingamangaraja XII mampu menjadi sosok pahlawan yang ikut serta dalam mengusir si “Bontar Mata” atau para penjajah pada Negeri ini.


Angkatan Muda Sirajaoloan (AMSRO) SUMUT juga mengajak elemen masyarakat bahkan wisatawan dari luar negeri untuk terjun langsung melihat warisan dari pahlawan bangsa ini di Bakkara. 


"Banyak sekali keindahan dan sejarah Bona pasogit Siraja Oloan, Raja Sisingamangaraja XII kita dapat merasakan semangat juang nya, pesona nya, juga eloknya kepingan surga yang bagian dari eloknya kepualauan Samosir," ujar Ketua Panitia Kunjungan ke Bona Pasogit Bakkara, Nikodemus Prianto Sihotang


Dalam Tahun Baru Batak ini, Angkatan Muda Si Raja Oloan melihat betapa kayanya bangso batak memiliki Pahlawan Nasional, Geopark kaldera Toba yang sudah resmi menjadi UNESCO Global Geopark juga lainnya yang harus membuat anak muda bangkit dari masa pandemi. 




Sartono Sihotang (Ton)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Angkatan Muda Si Raja Oloan Kunjungan Ke Bona Pasogit

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->