Iklan

Wakil Bupati Keerom, Dukung Kawasan Pertumbuhan Baru Dan Pengembangan Bandara Senggi

Journal News
Kamis, 11 Februari 2021 | 07.01 WIB Last Updated 2021-02-11T00:13:16Z

KEEROM --  Rencana pengembangan Bandara Senggi menjadi bandara yang lebih representative bagi pesawat Cargo minimal sekelas ATR, ternyata, sejalan dengan visi dan misi Pemkab Keerom Tahun 2021  2024 yang ingin menjadikan Distrik Senggi sebagai salah satu Kawasan Pertumbuhan baru di bagian selatan Kab Keerom.

Pertemuan antara Pemkab Keerom dan pihak pengelola Bandara Senggi, bertempat di ruang rapat Wakil Bupati Keerom pada Rabu (10/2/21) .

Pemkab Keerom diantaranya Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager SHut, MUP, bertemu dengan Kepala Bandara Senggi, M. Syarief Hidayat dan Anggota DPRD Keerom dari Dapil I Wilayah Senggi, Yahya Sauri.

Turut hadir Asisten I Setda Keerom, Daniel Pantja Passanda, Kepala Bappeda Keerom, Agus Salim dan Kadinas Pemukiman, Jufri T. Sementara dari Bandara Senggi, juga membawa PPK pengembangan bandara Senggi dan tim.

 Dalam pertemuan tersebut, pihak Bandara Senggi mempresentasikan data existing dan rencana masterplan pengembangan operasional dan bandara Senggi. Kepala bandara dan tim menjelaskan bahwa pergerakan di Bandara Senggi selama tahun 2020 tercatat sebanyak 818 pergerakan yang terdiri dari 400 lebih landing dan 400 lebih take off.

Sementara dalam masterplan tersebut juga dipaparkan tentang rencana pengembangan bandara senggi baik dari sisi udara maupun sisi darat. Sedangkan panjang runway yang saat ini sepanjang 900 m juga direncanakan akan ditingkatkan menjadi 1.600 meter.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP,  mengatakan terimakasih atas paparan tersebut dan rencana pengembangan tersebut sejalan dengan visi dan misi Pemkab Keerom tahun 20212024 salah satunya adalah menjadikan Distrik Senggi sebagai salah satu kawasan pertumbuhan baru di Kabupaten Keerom.

 Mengingat pentingnya rencana pengembangan kawasan Senggi dan sekitarnya, yang mana ini membutuhkan dukungan pengembangan sarana dan prasarana disana termasuk rencana pengembangan Bandara Senggi, meski hari ini  Pemkab sibuk dengan penangangan banjir namun pertemuan ini penting maka tetap kita gelar disela-sela waktu yang ada,"ungkap Piter Gusbager.

Lebih lanjut, Ia menambahkan selaku Wakil Bupati dan juga Bupati terpilih Keerom periode 2021-2024, menyatakan siap mendukung rencana pengembangan bandara Senggi sesuai kewenangan yang melekat di Pemkab Keerom.

" Kami akan mendukung sepenuhnya yang terkait tanggunjawab pemerintah, yaitu pembebasan lahan, fasilitas umum dan perumahan yang ada di sekitar bandara. Kita juga akan membentuk tim dalam pertemuan lanjutan, tim kerja ini akan bekerja melakukan negosiasi dan komunikasi dengan pihak-pihak yang hari ini menggunakan lahan di sekitar daerah perencanaan pengembangan bandara Senggi.

" Piter Gusbager menambahkan bahwa rencana pengembangan bandara Senggi yaitu kegiatan pembangunan apron fasilitas sisi udara dan sisi darat untuk fungsionialisasinya membutuhkan lahan total sekitar 50 hektare, maka Pemkab Keerom akan berusaha supaya hal tersebut bisa berjalan baik dan terwujud.

 Sekali lagi Pemkab Keerom mendukung penuh dan kita harapkan untuk 3 tahun kedepan Bandara Senggi akan menjadi bandara yang melayani penerbangan  pesawat baling-baling di provinsi Papua dan bisa mengurai trafict udara di Bandara Sentani Jayapura,tegasnya.

Sementara itu, Kabandara Senggi, M. Syarief Hidayat, mengemukakan bahwa pertemuan tersebut bernilai strategis untuk pengembangan Bandar Udara Senggi kedepan.




 Dari segi trafict memang cukup signifikan, setahun ada 818 pergerakan baik take off dan landing. Sedangkan dari segi suplai cargo barang sembako, Bandara Senggi juga berperan penting sebagai pengumpan ke daerah Pegubin selama ini. Bandara ini sangat strategis dan dibutuhkan, oleh karena itu kami dari kantor OTBU Senggi sebagai perwakilan Dirjen Hubungan udara mengucapkan terimaksih banyak kepada Pemkab Keerom terkhusus kepada Bupati Keerom terpilih yang telah memberikan support dan komitmen untuk membantu rencana pembangunan bandara senggi kedepan,ujarnya.

 Sementara itu, Anggota DPRD Keerom yang juga tokoh masyarakat Senggi dan Yaffi, Yahya Sauri, mengemukakan sangat mendukung dan mengapresiasi atas pertemuan dan rencana pengembangan Bandara Senggi.

 " Sebab ini untuk kepentingan umum, pengembangan kawasan disertai pembangunan di wilayah Senggi, Warlef dan sekitarnya ,maka kami sebagai masyarakat adat sangat-sangat mendukung. 


"Kami juga tidak keberatan untuk memberikan lahan kepada Bandara Senggi, karena kami juga ingin ada kemajuan di Senggi, bahkan kami minta pemerintah bisa cepat mewujudkan ini agar pelayanan bisa lancar," ungkanya. (Amri Zul)
---
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Bupati Keerom, Dukung Kawasan Pertumbuhan Baru Dan Pengembangan Bandara Senggi

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->