Iklan

Tim Cagar Budaya Pamekasan bersama Ketua FSK2P Akan Ambil Langkah Tegas, Laporkan Keberadaan Makam Baru di Makam Raja Ronggosukowati

Journal News
Rabu, 24 Februari 2021 | 20.18 WIB Last Updated 2021-02-24T13:18:50Z


PAMEKASAN- Ketua Forum Silaturahmi Keturunan Kraton Pamekasan ( FSK2P ) bersama Tim Koordinator tim Cagar Budaya Kabupaten Pamekasan Madura ,Jawa Timur,mendatangi Pasarean Makam Raja Ronggosukowati untuk melihat langsung keberadaan makam baru yang ditempatkan di lingkungan Makam Raja Ronggosukowati depan pasar tradisional Kolpajung,rabu (24/02/2021).

Turut hadir dalam pengecekan keberadaan makam baru disekitar Makam Raja Ronggosukowati,yang dihadiri langsung KH.RP.M.Thariq Sya'rani.M.si selaku Ketua Forum Silaturrahmi Keluarga Keraton Pamekasan (FSK2P),yang merupakan trah Panembahan Ronggosukowati ke 11 ( sebelas),Pengurus Yayasan Ronggosukowati Pamekasan dan juga turut hadir tokoh Masyarakat.

R. Sony Budiarto koordinator tim cagar Budaya Pamekasan, akan melaporkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPJB) Jawa Timur karena di Area Makam Raja Ronggosukowati itu dilarang ada makam baru.
Sebab area itu sdh di tetapkan sbg Cagar Budaya

R. Sony Budiarto, menambahkan adanya pemakaman baru itu sudah ada pelanggaran terhadap nilai dan cagar budaya atau situs raja Pamekasan ronggosukowati ini. Kalau dalam undang-undang nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya adalah perusakan lingkungan ini jelas melanggar undang-undang.

"Sebenarnya disini sudah diketahui lama kalau disini adalah cagar budaya yang sudah tidak bisa lagi ada pemakaman baru,"ungkap R. Sony Budiarto, usai mengecek langsung keberadaan makam baru di Makam Raja Ronggosukowati depan pasar tradisional Kolpajung.

Selanjutnya, pihaknya mengaku baru tahu dari masyarakat kalau ada orang yang di makamkan di dekat pemakaman Raja Ronggosukowati depan pasar tradisional Kolpajung.  


"Juru pelihara makam Ronggosukowati sempat melarang memakamkan ditempat setempat, namun mendapat perlawanan dari pihak keluarga yang ingin memakamkan,"katanya.
 
Setelah mengecek keberadaan makam, pihaknya berjanji akan melakukan Pelaporan secara hukum kepihak yg berwajib

R. Sony Budiarto, panggilan Sony mengatakan makam baru yang di makamkan ditempatkan di daerah pemakaman Ronggosukowati itu sudah kedua kalinya.

"Pertama suaminya dan kedua istrinya. Pemakaman suaminya terjadi beberapa tahun sebelum ada pejabat yang menjabat khusus di bidang kepurbakalaan. Sejak adanya pejabat yang menangani kepurbakalaan yaitu kasi kepurbakalaan maka disini mendapatkan perhatian khusus dan dilakukan pemberian tenaga juru pelihara,"sambungnya.


Sony, selaku tim dari cagar budaya mengharapkan agar seluruh masyarakat tetap mematuhi dan tahu aturan hukum. 

"Dengan harapan masyarakat turut memiliki semua peninggalan ini karena ini menjadi sebuah nilai edukasi kepada anak keturunan kita. Jadi wajib hukumnya untuk melestarikan dan mengamankan peninggalan ini,"harapnya.(ahd/rud)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Cagar Budaya Pamekasan bersama Ketua FSK2P Akan Ambil Langkah Tegas, Laporkan Keberadaan Makam Baru di Makam Raja Ronggosukowati

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->