Iklan

Silaturrahmi FBN RI Diterima Langsung Oleh Kasad

Journal News
Sabtu, 20 Februari 2021 | 10.19 WIB Last Updated 2021-02-20T03:19:36Z

Jakarta-- Kepala Staf Angkatan Darat menyikapi atas adanya degradasi budaya asing yang banyak digandrungi kaum millenial saat ini sehingga dibutuhkan solusi penguatan gerakan terhadap kecintaan atas budaya nasional.

Demikian disampaikan oleh Sunan Kalijaga, SH, Wakil Ketua Forum Bela Negara (FBN) RI saat mendampingi Ketua umum FBN RI, Jenderal Setyo Harnowo, Ketua FBN Bali, Agustinus Nahak dan Youtuber terkenal Atta Halilintar saat melakukan audiensi dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal, Jenderal Andika Perkasa di Ruang Kerja KASAD RI di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

"Beliau mengingatkan akan pentingnya penguatan kembali atas seni dan budaya nasional Indonesia sehingga kaum gerasi muda jangan sampai terlalu terlena dengan seni budaya dan asing seperti drama Korea beserta budayanya sebab dikhawatirkan akan merusak bahkan melupakan seni budaya nasional," kata Sunan Kalijaga.


 
Bertepatan tatap muka dengan Kasad tersebut, FBN RI mencoba untuk mewacanakan youtuber Atta Hallilintar untuk menjadi Duta Bela Negara agar menginisiasi 'Gerakan Cinta Budaya Nasional' yang nantinya akan didorong segenap anggota Forum Bela Negara RI.

Sebagai informasi Youtuber Atta Halilintar sudah melakukan gerakan kreatif demi Bela Negara dengan kreasi batik bergambarkan pulau-pulau se-Indonesia. 

Menambah informasi juga bahwa Perpres 8 tahun 2021 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2020 - 2024 melaksanakan ketentuan Pasal 13 ayat (2) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, diperlukan pengaturan mengenai kebijakan umum pertahanan negara yang menjadi acuan bagi perencanaan, penyelenggaraan, dan pengawasan sistem pertahanan negara.

Perpres 8 tahun 2021 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2020 - 2024 mencabut Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2015 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2015 - 2019 karena sudah tidak sesuai dengan kebijakan umum pertahanan negara untuk tahun 2020 - 2024.

Menurutnya, Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

"Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara," tutup Sunan. 

Laporan: Jalal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Silaturrahmi FBN RI Diterima Langsung Oleh Kasad

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->