Iklan

Satgas Anti Korupsi Korak Dengar Curhat Calon Kades Tertekan: Ada Intervensi Tojing?

Journal News
Jumat, 26 Februari 2021 | 11.14 WIB Last Updated 2021-02-26T04:14:54Z

Salah Satu Calon Mendaftar Sebagai Bakal Calon Kades

Bangkalan //- Pada pertengahan Mei 2021 pemilihan kepala desa atau pilkades di Kabupaten Bangkalan bakal digelar. Namun salah satu aktivis dari Satgas Anti Korupsi Korak HASIN, mendengar adanya isu-isu miring yang menimbulkan keresahan. Ada apa?

"Ini yang saya dengar dari salah satu calon kades merasa tertekan karena salah satu calonnya di intervensi tojing," kata Hasin di tempat pendaftaran, Jum'at (26/02/2021).

Hasin menyampaikan hal tersebut di kediaman ketua panitia/sekretariat pendaftaran bersama elemen masyarakat. Atas kondisi tersebut Hasin yang juga merupakan masyarakat Campor Konang meminta, supaya para calon kades bertanding dengan adil.

"Jadi, jangan lagi ada meminta keamanan kepada tojing atau preman," ucap Hasin.

Keamanan proses pilkades disoroti Hasin secara serius. Dia menekankan pengamanan proses pilkades adalah koordinasi antara polsek dan koramil, sedangkan bagian tojing/preman disebutnya tidak memiliki kewenangan.

"Pakai jaket hitam, keliling kampung seperti mau sweeping dan ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Mereka itu bukan tentara, bukan polisi, mereka hanya orang biasa dan tidak punya kewenangan ketika ada sesuatu. Kewenangan itu ada di pihak keamanan. Jangan juga ragu-ragu untuk minta bantuan kepada polsek dan koramil setempat," tegas Hasin.

Di tempat yang sama, M.Nasir seorang politisi dari F PPP memastikan situasi keamanan di Desa Campor Konang menjelang pilkades.
Dia berharap masyarakat Desa Campor turut bekerja sama menciptakan situasi yang aman dan damai.

"Tentunya, dari belajar berdemokrasi di tingkat desa ini, kami menginginkan semua calon kepala desa yang punya massa, simpatisan, mungkin juga didukung oleh tojing, termasuk partai politik, diharap bersaing secara sehat," tuturnya.

"Kami dari PPP dan Tim Satgas Anti Korupsi Korak siap mendukung pelaksanaan pilkades ini agar tertib dan damai.
Satgas Anti Korupsi setiap saat memantau dan membantu di lapangan, ditambah lagi nantinya akan ada personil dari kepolisian yang akan membantu memperkuat kami sesuai dengan kebutuhan di lapangan," imbuh M.Nasir.

Hasin menerangkan, tugas Satgas Anti Korupsi adalah mengawasi hal_hal yang berbau uang, seperti penyelewengan dan penyuapan terhadap masyarakat. 
Pilkades ini pun termasuk salah satunya, sambungnya, harus menjadi ajang pemersatu bukan jadi ajang seteru.


Laporan : (Ahd/rud)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Anti Korupsi Korak Dengar Curhat Calon Kades Tertekan: Ada Intervensi Tojing?

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->