Iklan

RKPT KABUPATEN KEEROM: DUKUNG OTSUS JILID II UNTUK KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN PAPUA

Journal News
Sabtu, 20 Februari 2021 | 19.03 WIB Last Updated 2021-02-20T13:33:18Z

KEEROM PAPUA //- Rukun keluarga pegunungan tengah (RKPT) Kabupaten Keerom nyatakan dukungan lanjutnya Otonomi khusus (Otsus) Jilid II untuk diteruskan bagi Papua dan Papua Barat, pada Sabtu, (20/02/2021), bertampat di Swakarsa,Distrik Arso.

Tampak hadir dalam rapat, Ketua RKPT Keerom, Simon Kossay, Sekretaris RKPT, Vinsen Iman dan anggota-anggota yang berasal dari 13 suku pegunungan tengah yang berada di Kabupten Keerom. Diantaranya Piet Giay, Leki Enumbe, Thomas Wenda, dan lainya.


Dalam keterangan persnya, Ketua RKPT, Simon Kossay, mengatakan bahwa masyarakat Papua khususnya saat ini masih sangat membutuhkan Otsus untuk keberlanjutan pembangunan seluruh aspek, kemakmuran dan infrastruktur di seluruh wilayah di Papua.

"Pada kesempatan kali ini kami minta Presiden mau mendengar aspirasi kami. Bahwa sesungguhnya selama ini Otsus Papua sudah berjalan,namun sebagian besar masyarakat di pedalaman Papua belum merasakan, maka kami mengharapkan Otsus jilid II harus tetap berjalan agar bisa dirasakan bagi seluruh masyarakat Papua dari kabupaten, dan kampung-kampung yang ada di pedalaman- pedalaman," ungkanya.

Lebih lanjut ia juga meminta, dalam rangka pengawasan Otsus jilid II agar berjalan baik maka perlu dibentuk lembaga independen yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan Otsus agar berjalan lebih baik lagi kedepannya.

" Keanggotaan lembaga ini berasal dari tokoh gereja, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, Lsm dan lainya," jelasnya.


Senada itu pada kesempatan yang sama, Sekretaris RKPT Kabupaten Keerom, Vinsen Iman, membacakan beberapa aspirasi OAP terhadap Otsus Jilid II antara lain Satu, hak politik orang asli Papua dikembalikan. Termasuk untuk pimpinan dari tingkat provinsi sampai ke kampung, dan perumahan bagi Orang Asli Papua(OAP).
Kedua, Memperhatikan utuh OAP untuk mengisi calon perwira Akpol dan Akmil, ketiga, perlu adanya keterbukaan informasi publik khususnya menyangkut dana Otsus untuk daerah terpencil. Keempat untuk menjaga transparansi dan keterbukaan,setiap bantuan Pusat untuk OAP perlu mengangkat dari unsur Adat, tokoh Agama dan lainnya, kelima Otsus jilid II merupakan tuntutan OAP demi pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan OAP.

Selanjutnya keenam, Pemprov, Pemkot dan Pemkab transparan dalam mengelola penggunaan dana Otsus dan tidak KKN, digunakan untuk pendidikan anak OAP, ketujuh, kami masyarakat mendorong Pemerintah untuk mengaudit Otsus sehingga masyarakat merasa lega mengetahui bersama apakah tepat sasaran, tidak hanya dirasakan orang-orang tertentu saja," tutupnya.


Laporan : (Amrizul)
--
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RKPT KABUPATEN KEEROM: DUKUNG OTSUS JILID II UNTUK KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN PAPUA

Trending Now

Kiri kanan

CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->